THE UTILIZATION OF TEXTBOOKS FOR TEACHING ENGLISH TO THE FIRST GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL IN SDN 2 TANJUNG, KEDAMEAN, GRESIK

  • SUHARTONO
  • SUHARTONO

Abstract

Buku teks merupakan hal yang penting bagi proses belajar siswa. Buku teks dipakai sebagai media, sumber bahan ajar, bahkan sebagai kurikulum untuk mengajar di sekolah. Tetapi pada kenyataannya buku teks tidak digunakan secara maksimal oleh guru, terutama terhadap siswa kelas satu sekolah dasar. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan buku teks untuk pengajaran bahasa Inggris di kelas satu seklah dasar di SDN 2 Tanjung, Kedamean, gresik. Penggunaan buku teks di kelas mengharuskan guru untuk mempertimbangkan kareakteristik dari siswa. Bahan ajar tulis tidak dapat diaplikasikan begitu saja kepada siswa dari segala usia. Desain penelitian dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Wawancara dan observasi dilakukan untuk memperoleh data. Instrumen yang digunakan adalah interview guidelines dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris tidak menggunakan buku teks dengan cara yang dianjurkan dalam berbagai teori penggunaan nuku teks yang seharusnya. Guru hanya menekankan pada pembelajaran tekstual dalam proses belajar mengajar. Karakteristik pembelajar pemula tidak diperhatikan oleh guru. Tes tertulis yang diselenggarakan oleh pemerintah menjadi alas an mengapa guru menekankan pada pembelajaran tekstual. Buku teks penting untuk pembelajaran. Hanya saja, keuntungan dari penggunaan buku teks hanya dapat diperoleh dengan penggunaan yang baik. Disarankan kepada guru bahasa Inggris untuk mempertimbangakan karakteristik siswa sebelum menggunakan buku teks di dalam kelas.

Kata kunci: Penggunaan, buku teks, pengajaran, sekolah dasar

Abstract

Textbooks are important for students’ learning process. Schools use textbooks as media, teaching sources and even curriculum for teaching. However, in fact textbooks are not utilized maximally by teachers, especially at first grade students. Therefore, this study aims to reveal the utilization of textbook for teaching English to the first grade of elementary school in SDN 2 Tanjung Kedamean Gresik. Utilizing textbooks in classrooms requires the teacher to consider the characteristic of the students. Written materials cannot be applied to all ages of learners. The research design of this study is descriptive qualitative. Interview and observation are conducted to get the data. The data are interview result and observation result. The instruments are interview guidelines and observation sheet. The results show that the English teacher does not utilize the textbook as in the theory of textbooks utilization. The teacher emphasizes textual learning in the teaching learning process. The characteristics of young learners are not considered by the teacher. The written tests held by the government become the reason why the teacher emphasizes on written language teaching. Textbooks are important for learning. However, the benefit of the textbooks can only gotten by good utilization. It is suggested that English teachers consider the students’ characteristics before using the textbooks in the classroom.

 

Keywords: Utilization, textbook, teaching, elementary school

Published
2014-07-08
How to Cite
SUHARTONO, & SUHARTONO,. (2014). THE UTILIZATION OF TEXTBOOKS FOR TEACHING ENGLISH TO THE FIRST GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL IN SDN 2 TANJUNG, KEDAMEAN, GRESIK. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8480
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 189