The Use of Cue Card in Teaching Speaking Descriptive Text to Seventh Graders at SMP Negeri 26 Surabaya

  • SITI AMINATI WACHIDAH

Abstract

Abstrak

Berbicara menjadi keterampilan yang penting yang dibutuhkan dalam kehidupan. Pelajar diminta untuk dapat mengerti bagaimana menggunakan keterampilan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menggunakan media Cue Card dalam mengajar siswa Kelas VII Berbicara teks deskriptif di SMP Negeri 26 Surabaya dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan alat penelitian lembar observasi lapangan, catatan lapangan, wawancara, dan angket untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali pertemuan. Murid-murid diberikan aktivitas belajar yang berbeda disetiap pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru menggunakan cue card untuk mengajar berbicara teks deskriptif (of people) dengan menggunakan kata yang sesuai dengan gambar dan frase yang terdapat dalam cue card untuk membentuk kalimat yang tepat dalam mendeskripsikan seseorang. Media ini juga dapat membantu siswa yang tidak termotivasi untuk berbicara Bahasa Inggris dan membuat mereka lebih mudah untuk berlatih berbicara Bahasa Inggris terutama dalam teks deskriptif. Hal ini terbukti dengan cara siswa menampilkan keterampilan berbicara menggunakan cue card, siswa mampu mendeskripsikan seseorang dengan kalimat yang sesuai. Media ini juga dapat menstimulasi ide-ide siswa untuk berbicara dalam mendeskripsikan seseorang.

Kata Kunci: Berbicara, Cue Card, Teks Deskriptif.

 

Abstract

Speaking has always been a crucial skill needed in this life. Students are required to be able to use this skill. The purpose of this study are to know how the teacher uses cue card in teaching speaking descriptive text to students of seventh grade at SMP Negeri 26 Surabaya and how the students’ responses toward the use of cue card in teaching speaking descriptive text. This research is qualitative descriptive that using observation checklist, field notes, interview, and questionnaire to collect the data. This research got a finding that the teacher used the cue card in the classroom by asking the students to produce the words which were related to the cue card. This media helped the students who were reluctant to speak up and make them easier to speak without memorising what to speak before performance. This was proven by their performance in speaking using cue card, they were able to produce sentences and generate some ideas to speak what was on the card. This media can also stimulate the students’ idea to speak up without thinking of making mistakes.

Keywords: Speaking, Cue Card, Descriptive Text.

 

 

Published
2014-08-18
How to Cite
AMINATI WACHIDAH, S. (2014). The Use of Cue Card in Teaching Speaking Descriptive Text to Seventh Graders at SMP Negeri 26 Surabaya. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8929
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 59