Using Featured Video As A Media To Teach Writing Descriptive Text To Seventh Graders In SMP Negeri 1 Krembung

  • NUR NOVYTA PUTRI ERMANU

Abstract

Abstrak

Menulis adalah salah satu keterampilan dalam Bahasa Inggris yang harus dipelajari. Guru memiliki kewajiban untuk menuntun muridnya dalam menulis, terutama membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan siswa dalam membuat tulisan yang baik. Guru seharusnya menciptakan suasana yang positif dengan menggunakan teknik, metode yang benar atau dengan mengaplikasikan sebuah media yang menarik. Masalah yang ditemukan oleh peneliti adalah guru cenderung menggunakan metode lama dalam pengajaran seperti hanya bediri di depan kelas dan memberi penjelasan terhadap siswa atau bahkan hanya duduk dibelakang  meja dan hampir tidak pernah menggunakan media dalam pengajaran menulis untuk siswa terutama kelas tujuh. Oleh karena itu, kadang-kadang siswa merasa bosan dan mengabaikan penjelasan guru karena cara pengajaran yang diterapkan oleh guru tidak bisa mencuri perhatian siswa. Berdasarkan masalah yang disebutkan di atas, guru menggunakan featured video sebagai media dalam pengajaran menulis teks deskriptif untuk kelas tujuh SMP. Penelitian ini menyajikan penerapan featured video sebagai media dan penulis juga mendeskripsikan respon siswa melalui penggunaan musik video. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan penerapan penggunaan featured video sebagi media dan respon siswa terhadap penerapan featured video sebagai media. Penelitian ini menggunakan descriptive qualitative yang menggunakan tiga instrumen untuk memperoleh data. Peneliti menggunakan observation checklist, fieldnote, dan angket. Angket yang diberikan kepada 33 siswa adalah pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Ada 10 pertanyaan dalam angket tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa featured video adalah salah satu media yang mudah untuk diterapkan dalam proses belajar dan mengajar. Featured video merupakan sebuah media yang menarik untuk membantu siswa memperoleh ide-ide dalam menulis teks deskriptif. Respon siswa menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik dan menyukai penggunaan featured video sebagai media di dalam kelas. Dapat disimpulkan bahwa featured video bisa digunakan sebagai media dalam pengajaran menulis teks deskriptif untuk kelas tujuh SMP. Peneliti menyarankan guru atau peneliti lain untuk menggunakn jenis media ini dalam proses belajar dan mengajar.

Kata Kunci: Featured video, Media, Pengajaran Menulis, Teks Deskriptif, Kelas Tujuh SMP

 

 

                                                                                                   Abstract

Writing is one of English skill to be mastered by students. Teacher has an obligation to guide them in writing, especially to overcome the students’ obstacles to compose a good writing. Teacher should create a positive atmosphere in the classroom by using a right technique, method or applying an interesting media. the problem that is found by the researcher is, teacher tend to use old method by standing in front of the class and giving an explanation or even sitting down behind the table and almost never use media to teach writing to the students especially seventh graders. Therefore, sometimes the students get bored and ignore the teacher’s explanation because the way of teaching which is done by the teacher can not catch attentions of the students. Based on the problem mentioned above, the teacher used featured video as a media to teach writing descriptive text to seventh graders. This study presents the implementation of featured video as a media and the researcher also describes the students’ response toward the implementation of featured video. Aim of this research is to describe the implementation of featured video to teach writing descriptive text to seventh graders and to describe the students’ response toward the use of featured video as a media. This research is descriptive qualitative which use three instruments to gain the data. Those are observation checklist, field note, and questionnaire. The questionnaires which were given for thirty three students were in form of multiple choice questions. There were ten questions in questionnaire.The result of this study showed that featured video was on of media that was easy to be implemented in teaching and learning process. It was an interesting media to help students get ideas in writing descriptive text. The responses of the students showed that they were very excited and liked the implementation of featured video in the classroom. It could be concluded that featured video could be used as a media to teach seventh graders in writing descriptive text in the classroom. The researcher suggested that other teacher or researcher use this kind of media in teaching learning and learning process.

Key Terms: Featured, Media, Teaching writing, Descriptive text, Seventh graders

 

Published
2014-08-18
How to Cite
NOVYTA PUTRI ERMANU, N. (2014). Using Featured Video As A Media To Teach Writing Descriptive Text To Seventh Graders In SMP Negeri 1 Krembung. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8930
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 21