THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING BY USING WALL MAGAZINE AS STUDENTS’ PROJECT IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT

  • KARINA SWASTI KUSUMA WARDHANI

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang masalah dari penelitian pada skripsi ini berdasarkan fenomena di lapangan bahwa menulis adalah skil yang sulit untuk dipelajari. Bagaimana pun juga para siswa harus mempunyai kemampuan untuk menulis dengan baik seperti yang dijelaskan didalam kurikulum 2013. Berdasarkan kompetensi dasar, murid kelas tujuh haru bisa menulis sebuah teks deskripsi.

Berdasarkan alasan tersebut, peneliti menemukan penerapan project-based learning untuk mengajarkan menulis teks deskripsi untuk murid kelas tujuh. Pada saat itu proyek yang digunakan adalah majalah dinding sebagai media untuk mempresentasikan tulisan para siswa di sekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan dari project-based learning dengan menggunakan majalah dinding sebagai proyek siswa untuk mengajarkan menulis teks deskripsi untuk murid kelas tujuh dan juga menjelaskan kemampuan siswa dalam menulis.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode observasi. Dalam hal ini, peneliti bertindak sebagai pengamat yang mencatat setiap kejadian didalam kelas. Setelah melakukan obervasi, peneliti menemukan bahwa project-based learning dapat diterapkan untuk mengajarkan menulis teks deskripsi. Selain itu, proyek yang ditargetkan dapat memotivasi siswa untuk menulis dengan baik. Tujuan utama dari pelaksanaan proyek itu sendiri adalah untuk mendorong siswa dalam belajar, melatih mereka untuk menjadi orang yang berpikir kritis dan bisa menyelesaikan masalah, memberikan mereka sebuah tanggung jawab didalam kegiatan belajar dengan mempraktikannya.

Kata Kunci: writing, project-based learning, descriptive text

 

 

ABSTRACT

The background of this study based on the phenomenon that writing is a difficult skill to learn. However, the students must have an ability to write well as stated in the curriculum of 2013. According to the standard competence, the seventh graders must be able to write a descriptive text.

For that reason, the researcher found the implementation of project-based learning to teach writing descriptive text in the field for seventh graders. The project was wall magazine as the media to present the students’ writing in school public.

Moreover, the objective of this research was to know the implementation of project-based learning by using wall magazine as students’ project to teach writing descriptive for seventh graders and the students’ writing ability.

After conducted the observation, the researcher found that project-based learning can be implemented to teach writing descriptive text. Besides, the project could motivate the students to write as well. The main goal of conducting the project was to passionate the students in learning, train them to be a critical thinker and problem-solver, give them a responsibility in their own learning and doing, etc.

Keywords: writing, project-based learning, descriptive text

Published
2014-08-19
How to Cite
SWASTI KUSUMA WARDHANI, K. (2014). THE IMPLEMENTATION OF PROJECT-BASED LEARNING BY USING WALL MAGAZINE AS STUDENTS’ PROJECT IN TEACHING WRITING DESCRIPTIVE TEXT. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/9003
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 74