USING HARRY POTTER MOVIE AS A MEDIA TO TEACH EIGHT GRADERS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN SMPN 1 SUKORAME

  • MENTARI RANA PRAHESTI

Abstract

Abstrak

 

Sebagian besar siswa tidak bisa mengembangkan ide mereka pada saat guru menyuruh mereka untuk menulis. Jadi mereka membutuhkan beberapa metode atau media yang bisa membantu mereka dalam menulis teks deskriptif. Film salah satu alternative media yang bisa digunakan dalam pengajaran menulis. Dengan menggunakan sebuah film, para siswa dapat menulis komposisi dari sebuah objek dengan mudah dan menyenangkan ketika belajar menulis.

 

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penulis bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena yang terjadi selama penelitian. Untuk pengadaan penelitian ini, penulis memilih kelas delapan dari SMPN 1 Sukorame, Lamongan sebagai subjek. Ada tiga macam instumen yang digunakan dalam penelitian ini. Mereka adalah observasi ceklis, questionnaire dan tulisan dari siswa. Penelitian ini mengadakan tiga kali pertemuan di setiap pertemuan guru memberi sebuah tugas untuk siswa dan menyuruh mereka untuk mengumpulkannya ketika sudah selesai pada saat itu juga.

 

Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan film Harry Potter membuat siswa lebih mudah menyerap ilmunya dan mereka bisa bisa menulis ide mereka berdasarkan apa yang telah mereka tonton kemudian membuat sebuah teks deskriptif yang bagus. Itu semua dibuktikan dari peningkatan tulisan dai siswa di beberapa evaluasi. Kemudian dapat disimpulkan penggunaan film Harry Potter sebagai media telah berhasil karena juga membuat siswa lebih tertarik dan lebih antusias dalam menulis teks deskriptif.

 

Keywords: Pembelajaran menulis, teks deskriptif, film, kelas delapan 

 

Abstract

 

Most students could not develop their ideas when the teacher asks them to write. So they need some methods or media which could help them write a text. Movie is one of the alternative media that can be used in teaching writing. By using a movie, the students are able to write the composition of the object easily and feel enjoyable to learn writing.

 

This study was a descriptive qualitative. The writer aimed to describe and analyze the existing phenomena during the study. To conduct the research, she chose Eight Graders of SMP Negeri 1 Sukorame, Lamongan as the subject. There were three kinds of instruments which were used in this study. They were observation checklist, questionnaire and students’ composition. The research was conducted in three meetings in each of which the teacher gave an assignment to the students and asked them to submit it afterwards.

 

The result showed that teaching writing by using ‘Harry Potter’ movie made students easily absorb the new knowledge and able to write their idea based on what they had watched then produced a good descriptive text. It was proved from the students’ writing progress in terms of each component evaluated. Then it could be concluded that the use of ‘Harry Potter’ movie as a media was successful because it made the students more interested and more enthusiastic in writing a descriptive text.

 

Keywords: Teaching writing, descriptive text, movie, eight graders

Published
2014-08-20
How to Cite
RANA PRAHESTI, M. (2014). USING HARRY POTTER MOVIE AS A MEDIA TO TEACH EIGHT GRADERS IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT IN SMPN 1 SUKORAME. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/9109
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 44