USING STORYBOARD IN TEACHING WRITING OF NARRATIVE TEXT FOR EIGHT GRADERS OF SMPN 13 SURABAYA

  • HARDINA DURROTUN NIMAH

Abstract

Abstrak

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang dianggap sulit diantara keterampilan berbahasa lainnya (membaca, berbicara, dan mendengarkan). Sehingga para guru perlu menemukan berbagai cara kreatif untuk pengajaran writing (menulis) daripada hanya meminta siswa menulis tanpa memikirkan bagaimana memberi kemudahan kepada siswa dalam belajar menulis. Sejauh ini siswa selalu melihat keterampilan menulis merupakan aktivitas yang sulit dan membosankan. Tidak semua siswa dengan mudah mendapatkan ide untuk menulis ketika mereka diminta untuk menulis, bahkan dalam bahasa ibu River (1997). Karena alasan tersebut, media dibutuhkan dan seharusnya digunakan untuk membantu siswa dalam menguasai kemampuan menulis. Oleh sebab itu, storyboard dipercaya sesuai untuk pengajaran menulis teks narratif. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan storyboard dalam kegiatan menulis teks naratif dan mengetahui hasil tulisan siswa dalam pengaplikasian storyboard, serta tanggapan siwa terhadap storyboard. Peneliti menggunakan  storyboard untuk pengajaran menulis teks narratif pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 13 surabaya. Peneliti mengumpulkan data melalui observation, writing task, dan questionnaire. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan storyboard  dapat mempermudah siswa untuk mencari ide dalam  menulis teks narratif serta tanggapan yang diberikan siswa dalam penerapan storyboard sangat positif.

Kata Kunci: Writing, storyboard, narrative

Abstract

 

 

Writing is one the difficult skill among the other language skills (reading, speaking and listening). Therefore, English teachers should find some creative ways to teach writing instead of only directing student to write without thinking how to facilitate them. Students always think that writing is such a hard and boring activity. Not all students are ready to write their ideas when they are asked to write, even in the native language, River (1997). Because of that reason, appropriate media is needed and should be used to help students master writing. Therefore, storyboard is believed considerably suitable for teaching writing of narrative text. This study uses descriptive qualitative research designs which were aimed to describe the implementation of storyboard in teaching writing of narrative text and know the students’ writing, also know the students’ responses toward storyboard. The writer used storyboard in teaching writing of narrative text for eight graders of SMPN 13 Surabaya. The writer collected data through observation, writing task, and questionnaire.  The result shows that the use of storyboard could help to stimulate the students’ idea in writing narrative text also the students’ responses toward the use of storyboard are positive.

Keywords: Writing, storyboard, narrative

Published
2014-08-20
How to Cite
DURROTUN NIMAH, H. (2014). USING STORYBOARD IN TEACHING WRITING OF NARRATIVE TEXT FOR EIGHT GRADERS OF SMPN 13 SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/9114
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 241