THE IMPLEMENTATION OF GUIDED DISCOVERY LEARNING TO TEACH READING OF NARRATIVE TEXT TO TENTH GRADERS
Abstract
Abstrak
Siswa seharusnya menguasai membaca pemahaman. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu memahami tujuan dan struktur kebahasaan dari teks narativ. Namun demikian, banyak siswa yang merasa bahwa membaca itu adalah aktivitas yang membosankan. Ditambah lagi, ketika mereka tidak memiliki banyak kosakata yang membuat mereka kesulitan untuk menemukan informasi dari teks dan memahaminya. Salah satu faktor yang membuat hal itu terjadi adalah guru biasanya mengajar membaca itu degan cara yang monoton. Oleh karena itu, guru seharusnya merubah cara pengajaran mereka agar proses pembelajaran lebih menarik. Jadi, siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Guided discovery learning adalah salah satu metode yang dapat di gunakan untuk mengajar membaca pemahaman dari teks narativ.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan pengimplementasian dari guided discovery learning untuk mengajar membaca pemahaman dari teks narativ untuk kelas X SMAN 2 Kediri, (2) untuk menemukan respon dari siswa terhadap pengimplementasian dari guided discovery learning.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIA (Matematika, IPA) 6 SMAN 2 Kediri. Di kelas ini terdapat 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Peneliti menggunakan lembar pengamatan dan wawancara sebagai alat penelitian untuk mengumpulkan data.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa guru dapat mengimplementasikan guided discovery learning dengan baik berdasarkan pada langkah-langkah yang diusulkan oleh Blackburn yang dikutip dalam El-Kahlout. Metode ini dapat mendorong siswa kelas X untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan, hasil dari wawancara yang diberikan kepada siswa menunjukkan bahwa hampir semua siswa antusias mengikuti proses pembelajaran yang dipimpin oleh guru. Menurut mereka, metode guided discovery learning dapat membuat mereka lebih aktif, karena pada metode ini guru mendorong mereka untuk belajar secara mandiri. Disamping itu, metode ini dapat membuat belajar mengajar lebih menarik.
Kata Kunci: membaca pemahaman , teks naratif, guided discovery learning.
Abstract
The students should master in reading comprehension. Besides, they are expected to be able to understand the purpose and structure of narrative text. However, many of them feel that reading comprehension is bored activity. In addition, as they lack vocabulary which make them difficult to gain the information from the text and comprehend it. One of factors which make it happens is the teacher usually conducts reading activity monotonously. Therefore, the teacher needs to change the way of their teaching in order to make the teaching process more interesting. Thus, the students can reach the goal of learning well. Guided discovery learning is one of good method which can be implemented to teach reading comprehension of narrative text.
The purposes of this research are (1) to describe the implementation of guided discovery learning to teach reading comprehension of narrative text to tenth graders of SMAN 2 Kediri, (2) to find out the students’ responses toward the implementation of guided discovery learning.
The design used in this research was descriptive qualitative. This research was conducted in X MIA (Matematika, IPA) 6 classroom of SMAN 2 Kediri. There are 18 males and 17 females students in this class. The researcher used observation sheets and interview as research instrument in collecting the data.
The result of this research found that the teacher could implement guided discovery learning properly according to framework suggested by Blackburn cited in El-Kahlout. This method could encourage the tenth grade students to be more active in the teaching and learning process. Meanwhile, the result of interview given to students shows that most of the students were enthusiastic followed the teaching and learning process using guided discovery learning conducted by the teacher. In their point of view, guided discovery learning method can make them more to be active, because in this method the teacher encouraged them to learn independently. Besides, this method can make the teaching and learning more interesting.
Keywords: reading comprehension, narrative text, guided discovery learning.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 85
,
PDF Downloads: 113