METODE PELATIHAN TEKNIK VOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI LAGU BANGUN PEMUDI PEMUDA PADA PADUAN SUARA SISWA SMA NEGERI 4 SIDOARJO

Penulis

  • Wimantika Andri Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Heri Murbiyantoro Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

metode pelatihan, teknik vokal, paduan suara

Abstrak

Lagu Bangun Pemudi Pemuda dipersembahkan oleh paduan suara siswa SMA Negeri 4 Sidoarjo dalam rangka memperingati hari nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan metode pelatihan teknik vokal yang diterapkan dalam meningkatkan kemampuan vokal anggota paduan suara, serta memaparkan hasil implementasi metode tersebut dalam pembawaan lagu Bangun Pemudi Pemuda. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa foto serta rekaman video. Sumber data pada penelitian terdiri dari sumber data primer yang didapatkan langsung dari narasumber utama yaitu Danu Hisa Kumala, M.Pd, lalu sumber data sekunder didapat dari siswa yang menjabat sebagai ketua tim paduan suara SMA Negeri 4 Sidoarjo. Proses pelatihan dilaksanakan secara langsung di ruang praktik SMA Negeri 4 Sidoarjo. Pelatihan dilakukan dengan menerapkan beberapa metode, antara lain ceramah, demonstrasi, drill, dan solfeggio. Penggunaan metode tersebut bertujuan untuk mempermudah proses pemahaman dan penguasaan teknik vokal, khususnya dalam aspek pernapasan, artikulasi, intonasi, dan phrasering. Hasil dari penerapan metode pelatihan ini menunjukkan efektivitas dan efisiensi dalam meningkatkan penguasaan materi lagu Bangun Pemudi Pemuda oleh tim paduan suara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aria, Z., Putra, W., Dihita, M., & Oscar, Y. (2023). Pelatihan Teknik Vokal Pada Paduan Suara Campuran di SMA Negeri 1 Pontianak. 5(2).

Aulia, J. (n.d.). Penyusunan Kerangka Berpikir Dalam Penelitian. 1–5.

Agustin, A., dkk. (2021). Teori-teori Pembelajaran dalam Pendidikan. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Bone, S. M. A. N., & Sari, A. R. D. (2019). KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA Program Studi Pendidikan Sendratasik Jurusan Seni Pertunjukkan Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.

Di, G., Aloysius, P., & Surabaya, G. (n.d.). METODE DAN TEKNIK VOKAL PADA PADUAN SUARA. 10(1), 41–53.

Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. 2, 1–14.

Dr. Eben Haezarni Telaumbanua, M. P. (2022). pengembangan MODEL WICDIE dalam pembelajaran paduan suara. Jakarta: PT Publica Indonesia Utama.

Djamarah, Bahri, S., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, Ananda,Munthe,Maru’ao,Trianan, Hasibuan, R. (2021). ADMINISTRASI PEMBELAJARAN (Studi Praktis Mahasiswa si Lembaga Pendidikan). Medan: UMSU Press.

Gunawan, I. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIf. Jakarta: Bumi Aksara.

Havazah, D. K., Septiyan, D. D., Rizal, S., Pertunjukan, P. S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). PROSES PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DI YAMAHA TOPAZ. 1(2), 161–173.

Ida Bagus Made Astawa dan I Gede Ade Putra Adnyana. (2018). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Jakarta: Rajawali Pers.

Jurnal, A., Dan, P., Kristen, T., Pardede, B., & Silaban, M. M. (2022). Teknik Vokal Solo dalam Menyanyikan Lagu Be Still My Soul Karya Katharina Von Schelegel pada Semester V di Program Studi Pendidikan Musik Gereja IAKN Tarutung. 20(1), 55–66.

Jamalus. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pembelajaran Musik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Karya, M., Handel, G. F., Kuliah, M., Vokal, E., Sitinjak, L., Hutagalung, S. P. D., & Widodo, T. W. (2021). Proses Pembelajaran Teknik Melismatis dalam Repertoar. 9, 101–108.

Lembata, P. W. (2021). Performing Art Education.

Nanuru, C. F. (2021). Melatih Paduan Suara secara Kreatif. 1(2), 161–165.

Pare, S. M. A. N. (2024). KELUD PADA PADUAN SUARA LAMBA VOICE. 13(2), 41–57.

Samsuri, S., Sendratasik, P., & Kuala, U. S. (2024). Teknik Pembelajaran Paduan Suara untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Kuliah Paduan Suara di Prodi Pendidikan Sendratasik Universitas Syiah Kuala. 4–7.

Sari, N. M. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN METODE EKSPLORASI. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Seni, J., Tari, D., Musik, D. A. N., & Pertunjukan, F. S. (2018). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

Setiaji, C. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sihombing, O. M. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 3929–3934.

Simanjuntak, L., Waruwu, T., Zebua, T. B., Agama, I., & Negeri, K. (2023). Penerapan Teknik Vokal Frasering Pada Song Leader Dalam Ibadah Minggu Di GKPI Hutagalung Tahun 2023 Latar belakang Masalah dapat terlaksana dengan baik dan harmonis , juga makna dari lagu pujian dapat. 1(5).

Sinaga, T. (2018). Gondang : Jurnal Seni dan Budaya Dasar-Dasar Teknik Bernyanyi Opera. 2(2), 79–89.

Suara, P., & Kupang, S. (2025). Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat ( JPPM ). 6(1), 91–97.

Simanungkalit, N. (2008). Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulistyowati, A. (2023). Cantata Deo : Jurnal Musik dan Seni Penggunaan Metode Solfeggio Untuk Peningkatan Kemampuan Bernyanyi Paduan Suara di Jurusan Musik Gereja STAKPN Sentani. 1(1), 1–11.

Vasantan, P. (2020). BLENDED LEARNING SEBAGAI STRATEGI TRANSFER PENGETAHUAN DI DAERAH TERTINGGAL. Yogyakarta: Deepublish.

Widodo, S., & Utami, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyuningsih, E. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Diterbitkan

2025-12-12

Cara Mengutip

Saputra, W. A., & Murbiyantoro, H. (2025). METODE PELATIHAN TEKNIK VOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI LAGU BANGUN PEMUDI PEMUDA PADA PADUAN SUARA SISWA SMA NEGERI 4 SIDOARJO. Solah, 11(2). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/73857

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama