KARYA MUSIK “REBORN” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI

  • BAREP GALIH WITJAKSONO
  • HERI MURBIYANTORO

Abstract

Karya musik “REBORN” merupakan karya musik yang mengangkat tema tentang perjalanan hidup seorang pemuda yang hidup di daerah perkotaan demi mencapai tujuan yang diinginkannya untuk kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya yang berada di desa. Berawal dari perjalanan hidup pemuda tersebut dari dia memasuki jenjang pendidikan di perguruan tinggi yang sebelumnya tidak ada permasalahan sampai pada akhirnya pemuda itu salah selesai menempuh pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Komposer mengangkat judul “REBORN” berawal dari bahasa Inggris yang di dalam bahasa Indonesia artinya ialah “Terlahir Kembali”. Dalam karya ini, komposer menggambarkan suatu cerita tentang alur kehidupan pemuda tersebut setelah mengalami kegagalan dalam menentukan pilihan. Fokus karya pada penulisan ini Karya Musik “REBORN” dalam tinjauan Variasi Melodi.
Kajian teori yang digunakan dalam karya ini yaitu meliputi pengertian Musik, Bentuk Musik, Melodi, Variasi Melodi, Harmoni, Ritme, Dinamika, dan Orkestra. Di dalam karya musik “REBORN” terdapat 6 Variasi Melodi antara lain : Melodic Variations And Fake; Rhytmyc Variations And Fake; Dead Spot Filler; Counter Melody; Cliche; Filler Like Obbligato;
Dalam Karya Musik “REBORN” , komposer memiliki rangsal awal dalam metode penciptaan karya musik ini. Rangsang awal yang digunakan adalah rangsang Auditif dan rangsang Visual. Rangsang Auditif komposer pada proses penciptaan karya musik ini yaitu komposer sering mendengarkan berbagai contoh bentuk penyajian musik yang menceritakan perjalanan hidup manusia seperti yang ada pada televisi. Rangsang Visual komposer pada proses penciptan karya musik ini yaitu komposer juga sering melihat pertunjukan-pertunjukan dalam bentuk Orchestra.
Karya musik “REBORN” memiliki 3 bagian yaitu bagian pertama menceritakan tentang awal mula pemuda tersebut menjalani kehidupan yang biasa dan berjalan dengan lancar tanpa ada suatu kejadian yang menghambat karirnya dalam proses pendidikan. Kemudian pada bagian kedua, menceritakan tentang kebingungan pemuda tersebut setelah selesai menjalani pendidikan dan pemuda tersebut salah langkah dalam memilih jalur selanjutnya, pada akhirnya pemuda itu mengalami berbagai masalah itu. Pada bagian ketiga, komposer menceritakan tentang semangat pemuda tersebut untuk bangkit setelah mengalami kegagalan atas pilihannya setelah pendidikannya. Kemudian membuat suatu harmoni pada motif bagian dengan menggunakan nada mayor yang bernuansa senang dan megah membuat motif tersebut semakin mendekati nuansa perjalanan hidup seorang pemuda tersebut. Teknik dan dinamika yang digunakan sangat mempengaruhi isi-isi bagian lagu tersebut, dengan teknik-teknik untuk mempertegas suatu kalimat. Dan untuk dinamika membuat suatu bentuk lagu menjadi hidup dan kembali lagi pada suasana lagu.

Kata Kunci : REBORN, Variasi Melodi

Published
2018-07-16
How to Cite
GALIH WITJAKSONO, B., & MURBIYANTORO, H. (2018). KARYA MUSIK “REBORN” DALAM TINJAUAN VARIASI MELODI. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24144
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 51