TINJAUAN HARMONI PADA KARYA MUSIK “STRESSOR”

  • FAISAL AHMADA KURNIAWAN
  • HERI MURBIYANTORO

Abstract

Karya musik “Stressor” ditulis berdasarkan latar belakang pengalaman pribadi komposer yaitu situasi/ keadaan lingkungan yang tidak baik mengakibatkan suasana hati komposer terganggu, sehingga mengharuskan komposer untuk beradaptasi melawan sitausi yang merisaukan dan membingungkan hingga pada suatu waktu keadaan berubah menjadi baik. Karya ini diciptakan sebagai wadah ekspresi diri untuk mengungkapkan suasana yang dialami komposer pada saat proses penulisan.
Karya musik “Stressor” diungkap melalui beberapa teori diantaranya tentang Stress (gangguan) sebagai ide utama dalam landasan mengenai isi. Teori musik juga membantu dalam perwujudan penyusunan notasi sehingga membentuk susunan nada menjadi harmoni akord. Karya musik ini merupakan jenis karya programatik musik, mempunyai urutan alur cerita tentang kondisi lingkungan berubah-ubah yang mempengaruhi suasana hati komposer.
Komposer meninjau berdasarkan fokus karya musik ini yaitu berpijak pada harmoni, meliputi progres akord yang disusun membentuk beberapa nuansa sebagai penggambaran suasana pada alur cerita. Komposer terinspirasi oleh salah satu scene/ adegan dalam sebuah film berjudul “Heart” dan beberapa karya musik dari komposer diantaranya Joe Hisaishi, Ennio Morricone, dan Nobou Uematsu. Karya musik ini mempunyai format orkestra yaitu jumlah pemain 43 orang dengan divisi instrumen string, woodwind, brass, dan perkusi.
Karya musik “Stressor” menggunakan tangga nada yang beragam, pola melodi sederhana dan progress akor yang sederhana. Susunan nada, melodi, ritme serta harmoni dikemas dalam format orkestra. Karya seni musik ini menggunakan tangga nada diatonis, terdapat modulasi, altrasi, perubahan tempo, serta dinamika untuk menggambarkan situasi yang dimaksudkan oleh komposer. Keunggulan karya musik ini yaitu modulasi yang tidak terasa, penerapan progres akord VI-V-IV pada tangga nada yang berbeda termasuk altrasi, progres akord naik berkala dengan interval 1-11/2.

Kata Kunci : Stressor, Komposer, Programatik, Harmoni.
Published
2018-07-16
How to Cite
AHMADA KURNIAWAN, F., & MURBIYANTORO, H. (2018). TINJAUAN HARMONI PADA KARYA MUSIK “STRESSOR”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24142
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 128