PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI MAESTRO GUNA MEMPERMUDAH MEMBACA NOTASI PADA KELAS X DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

Penulis

  • farah salsabilla Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suwahyono Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Pembelajaran Menggunakan Media Aplikasi Maestro, Mempermudah Membaca Notasi

Abstrak

SMK sebagai salah satu sekolah kejuruan yang menyediakan kompetensi keahlian juga diberikan mata pelajaran umum lainnya seperti mata pelajaran seni budaya. Pada mata pelajaran tersebut diberikan secara teori dan praktek. Metode pembelajaran yang sering dilakukan guru yaitu menjelaskan materi tanpa menggunakan media lalu peserta didik diberikan tugas dengan materi yang terbatas. Oleh karena itu, diperlukan solusi atau media yang mampu mengatasi hal tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah 1) Ingin mengetahui proses Pembelajaran Menggunakan Media Aplikasi Maestro Guna Mempermudah Membaca Notasi Pada Kelas X di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. 2) Ingin mengetahui hasil Pembelajaran Menggunakan Media Aplikasi Maestro Guna Mempermudah Membaca Notasi Pada Kelas X di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan empiris. Metode penelitian yang berusaha menggambarkan situasi dunia nyata sebagaimana adanya. Sumber data primer pada penelitian adalah wawancara dengan peserta didik kelas X SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Dokumen dan catatan hasil pembelajaran, seperti dokumen data arsip, dokumentasi dan data dari penelitian, merupakan data sekunder yang digunakan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Perbankan dan Keuangan (PBK) SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran aplikasi maestro sebagai media pembelajaran pada pembelajaran seni musik. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan kesimpulan, pertemuan pertama banyak siswa yang mengatakan pada saat di SMP hanya diberi materi notasi angka dan huruf saja. Kemudian guru memberi tugas mencari literasi tentang notasi menggunakan smartphone atau searching google. Pertemuan kedua, setelah mereview materi, guru menginstruksikan dengan memberikan penugasan kepada murid yaitu menulis notasi balok dengan kertas yang sudah disediakan namun hasilnya kurang sempurna. Pertemuan ketiga, para siswa diberi tugas menginstal aplikasi maestro di smartphonenya masing-masing, Guru menjelaskan dan membimbing praktik aplikasi maestro sedikit demi sedikit para siswa senang dan bisa menerapkannya dalam membaca notasi. Kesimpulannya bahwa dengan aplikasi maestro, para siswa senang belajar dan bisa memudahkan membaca notasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

"Anthropos : Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology) Vol.2(1) (2016): 101-107.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arzfi, B. P., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Seni Musik Materi Tangga Nada Diatonis untuk Mengidentifikasi Hasil Belajar Mahasiswa PGSD. Jurnal Basicedu, 6(4), 7418-7425.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2010. Paradigma Pendidikan Nasional Di Abad-21. Jakarta: BSNP.

Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan, Kemdikbud. 2016. Rancangan Model Pemanfaatan Media Pembeljaran Virtual Lab dalam Pembelajaran Klasikal. Semarang: Balai Pengembangan Multimedia.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran peserta didik kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261-272.

DASAR METODOLOGIPENELITIAN.(2015). (n.p.): Literasi Media Publishing.

Dr. Yuniastuti, S. M. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GENERASI MILENIAL Tinjauan Teoritis dan Pedoman Praktis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Lusianisita, R., & Rahaju, E. B. (2020). Proses Berpikir Peserta didik SMA dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 93-102.

Margono, J. Lexy,. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Merdekawati, Agustin Dwi Cahya., Sulistyo Saputro., & Sugiharto. 2014. Pengembangan One Stop Learning Multimedia Menggunakan Software Adobe Flash pada Materi Bentuk Molekul dan Gaya Antar Molekul Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3 (1).

Mukti, M. P. W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Media Sosial pada Pelajaran Seni Musik di SMP 1 Jekulo Kudus. In Prosiding SeminaNasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 167-174).

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi.

Purwanto, A., Widaningrum, I., & Fitri, K. N. (2019). Aplikasi musicroid sebagaimedia pembelajaran seni musik berbasis android. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 5(1), 78-87.

Rohani, R. (2020). Media pembelajaran

SETYAWAN, A. (2017). APLIKASI MUSIK NUSANTARA SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2006) hal. 142

Suryati, S. (2016). Strategi Pembelajaran Seni Musik bagi Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan Media Audio Visual. Promusika, 4(2), 75-83.

Wiflihani, Wiflihani. "Fungsi Seni Musik dalam Kehidupan Manusia.

Wisnawa, K. (2020). Seni Musik Tradisi Nusantara. Nilacakra.

Yustistio, R., Ghozali, I., & Muniir, A. (2022). PENGGUNAAN MEDIA MAESTRO-MUSIC COMPOSER PADA MATERI NOTASI BALOK KELAS X MIPA SMAS HARAPAN BANGSA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(12), 3084-3096.

Zuhdi, H., & Adoma, A. M. (2022). PEMANFAATAN SOFTWARE MAESTRO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN NOTASI BALOK PADA KELAS VIII DI MTS ISLAMIYAH ULU DANAU. Besaung: Jurnal Seni Desain dan Budaya, 7(1).

Diterbitkan

2025-07-03

Cara Mengutip

salsabilla, farah, & Suwahyono, A. (2025). PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI MAESTRO GUNA MEMPERMUDAH MEMBACA NOTASI PADA KELAS X DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO. Solah, 11(2). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/67052

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 6 , PDF Downloads: 0

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama