PEMBELAJARAN MUSIK HADRAH AL – BANJARI PADA GRUP SUKAROL MUNSYID DI PONDOK PESANTREN AL – FALAH KOTA MOJOKERTO
Kata Kunci:
Pembelajaran, Hadrah Al-Banjari, Sukarol MunsyidAbstrak
Pembelajaran Hadrah Al-Banjari yang dilakukan oleh Grup Sukarol Munsyid adalah untuk memahami bentuk pembelajaran mencakup metode-metode serta hasil pembelajaran musik Hadrah Al-Banjari. Metode pendekatakan kualitatif dalam penelitian digunakan untuk memahami proses pembelajaran melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan pembelajaran Hadrah Al-Banjari di grup Sukarol Munsyid adalah untuk melestarikan kesenian Hadrah Al-Banjari dan menjaga eksistensi grup Sukarol Munsyid. Metode yang digunakan adalah metode latihan, tutor sebaya, demonstrasi, dan imitasi. Materi yang diberikan pada pembelajaran adalah lagu-lagu sholawat yang sudah populer salah satunya “Nurul Mustofa” yang kemudian disajikan dalam bentuk akhir sebuah karya yang di upload pada channel youtube “Suka Sukarol Munsyid”. Komponen pembelajaran mencakup instrumen terbang, bedug bass, dan vokal. Evaluasi dilakukan dalam sekala mikro dan makro dengan indikator evaluasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pembelajaran dilakukan dengan baik untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal sehingga dapat membuktikan eksistensi yang telah dicapai saat ini.
Kata Kunci: Pembelajaran, Hadrah Al-banjari, Sukarol Munsyid
Unduhan
Referensi
Adelia. 2022. Pembelajaran Musik Hadrah Al-banjari Grup El-Hasanuddin di Desa Tebel Kecamatan Gendangan Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Sendratasik. Vol.11 No.1
Ahmadi, Abi dan Joko Tri Prasetyo. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar), Bandung: Pustaka Setia
Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hizbullih, Alin. 2023. “Latar Belakang Grup Sukarol Munsyid Pondok Pesantren Al-falah Mojokerto”. Hasil Wawancara Pribadi: 20 November 2023.
Iraone, Fandy. 2023. “Pembelajaran Grup Sukarol Munsyid Pondok Pesantren Al-falah Mojokerto”. Hasil Wawancara Pribadi: 23 November 2023.
Jaelani.Bisri M. (2007). Ensiklopedi Islam. Yogyakarta: Panji Pusaka.
Listya, A. R. (2007). A-Z DIREKSI PADUAN SUARA. Yamuger.
Mahamboro. 2016. Metode pembelajaran Hadrah di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Journal Student UNY. Vol.5 No.1
Maireom dan Maragani. 2023. Musik BambuEntel: Teknik Permainan dan Metode Pelatihan di Sanggar Musik Tradisional Kabupaten Kepulauan Talaud. Clef: Jurnal Musik dan Pendidikan Musik. Vol.4 No.1
Mar'atus Solikhah. 2017. Pandangan Fiqih KH. Bisri Mustofa dalam Tafsir AL-IBRĪZ (Kajian Ayat-Ayat Ibadah), Skripsi, IAIN Ponorogao.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UIP.
Moleong, (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Remaja
Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung Sinar Baru Algesindo.
Sastropoetro, Santoso, 1982. Strategi Pelaksanaan Latihan, Gramedia,
Sigara. 2020. Pelatihan Musik Pada Sanggar Seni Tumabuttaya RI Bantayan Sebagai Bentuk pengembangan Minat Bakat Siswa SMK Negeri 3 Banteng. Universitas Negeri Makasar.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susetyo, Budi. (2015). Prosedur Penyusunan dan Analisis Tes untuk Penilaian Hasil Belajar Bidang Kognitif. Bandung: Refika Aditama.
Sutrisno Hadi, M. (2015). Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rismi Sekar Agustine, Setyo Yanuartuti

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

