BENTUK KOREOGRAFI TARI KEMBANG PASESER KARYA EDI POTTRE KONENG KABUPATEN SUMENEP
Kata Kunci:
Bentuk, Koreografer, Tari Kembang Paseser.Abstrak
Kembang Paseser merupakan karya Tari Edi Susanto yang mengangkat tema alam dibuat pada tahun 2009. Kembang Paseser mempunyai arti kelincahan dan kesigapan gadis pesisiran, yang identik dengan keindahan sedangkan Pasisiran adalah kehidupan masyarakat di Paseseran (di tepi laut). Karya ini terinspirasi dari gadis pesisir yang sedang menunggu ayahnya pulang dari berlayar dengan gembira, sedangkan ibuya menunggu anak gadis membawa hasil berlayar ikan yang diwadahi dengan kerre. Tujuan penelitian yang dikaji adalah : (1) Tahap-tahap Koreografi Tari Kembang Paseser di Sanggar Seni Pottre Koneng, (2) Bentuk Tari Kembang Paseser. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tari kembang Paseser merupakan Tari Tradisional dari Sanggar Seni Pottre Koneng, Tarian ini mengambil konsep pesisiran dimana gerakannya menggunakan gerak Tari yang sudah ada dikembangkan lagi yaitu dai Tari Paraben Madura. Koreografi Tari Kembang Paseser ini meliputi berberapa tahap yaitu Eksplorasi, Improvisasi, dan Komposisi Tari Kembang Paseser ini mempunya 20 ragam gerak dan 11 pola lantai yang bisa berubah sesuai pementasan. Tata rias cantik menggunakan sanggul yang dihiasi dengan bunga 3 warna ( kuning,merah, dan hijau) dan perpaduan warna eye shedow kuning, merah, hijau yang terkesan segar. Iringan pada tarian ini terdapat lagu Madura-an yang berupa “kerre” berwarna merah yang biasa digunakan untuk wadah hasil berlayar. Simpulan dalam penelitian ini adalah Tari kembang Paseser merupakan Tari Tradisional dari Sanggar Seni Pottre Koneng, Tarian ini mengambil konsep pesisiran dimana gerakannya menggunakan kreativitas dari koreografer dan juga gerak Tari yang sudah ada dikembangkan lagi yaitu Tari Paraben Madura
Unduhan
Referensi
Astini, Siluh Made dan Usrek Tani Utina. 2007. “Tari Pendhet Sebagai Tari Bali-Balihan (Kajian Koreografi)”. Harmonia. Nomor 2. Hlm. 6. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Creswell. John. W. 2013. Penelitian Kualitatif & Riset; Memilih di Antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar“57830-Article Text-170349-2-10-20220731 (2).pdf.” t.t.
Ananda, Dina Wika, dan Yahyar Erawati. t.t. “Bentuk Penyajian Tari Pucuk Rebung Terukir Di Sanggar Mahligai, Kecamatan Siak Kabupaten Siak Provinsi Riau” 1 (1).
Djelantik. 1990. PENGANTAR DASAR ILMU ESTETIKA JILID 1 ESTETIKA INSTRUMENTAL. Denpasar.
Hadi, Y. Sumandiyo. t.t. Koreografi: bentuk, teknik, isi. Cipta Media bekerja sama dengan Jurusan Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Yogyakarta, 2012.
Halima, Nur, dan Eko Wahyuni Rahayu. t.t. “ESTETIKA TARI CODHI’ SUMEKAR KARYA TAUFIKURRAHMAN KABUPATEN SUMENEP.”
Handayaningrum, Warih, dan Nabilla Nur Kasih Kusuma Putri. 2022. “Estetika Bentuk Tari Suramadu Karya Diaztiarni.” JURNAL SENI TARI Terakreditasi SINTA 4 11 (Juli).
Jazilah, Febrina Sonia, dan Indriyanto Indriyanto. 2019. “Estetika Gerak Tari Kuda Lumping di Desa Sumber Girang Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang.” Jurnal Seni Tari 8 (2): 216–26. https://doi.org/10.15294/jst.v8i2.33090.
Rahayu, Gemmylang Anjie. 2016. “ESTETIKA TARI RETNO TANJUNG DI PADEPOKAN SENI KALOKA KOTA TEGAL.”
Sukari, dan Esti Wuryansari. 2019. TARI MUANG SANGKAL DAN PENGEMBANGANNYA DI SANGGAR TARI POTRE KONENG SUMENEP MADURA JAWA TIMUR. Yogyakarta: BPNB.
Wahyuni, Defi Tri, Rully Rochayati, dan Silo Siswanto. 2023. “Deskripsi Tari Jaran Buto Dalam Perspektif Tata Rias dan Busana di Kabupaten Banyuasin Sumatra Selatan.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2 (4): 440–46. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i4.169.
Wardani, Anestia Widya, Desnatia Munzilatul Qur’aniyah, dan Sherly Nopiasanti. 2023. Pembelajaran Seni Tari. CV. Tatakata Grafika.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Versi
- 2025-06-17 (2)
- 2025-04-25 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nabilah Zinta Amaliya Faiqoh Zainollah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

