Metode Pembelajaran Kegiatan Ekstrakurikuler Nusa Octave Orchestra SMA NU 1 Gresik

Penulis

  • Iqbal Muhammad Syahrizal Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Welly Suryandoko Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Ekstrakurikuler, Metode Drill, Orkestra, Ansamnbel, Metode Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran yang diterapkan dalam
ekstrakurikuler Nusa Octave Orchestra di SMA NU 1 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari kegiatan ekstrakurikuler Nusa Octave Orchestra
yang dilatih oleh Mukmin Efendi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa metode pembelajaran yang diterapkan antara lain metode
ceramah, metode demonstrasi, metode tutor sebaya, metode drill, dan metode imitasi. Metode drill
menjadi metode yang paling dominan digunakan, terutama dalam latihan pemanasan, teknik bermain alat
musik, intonasi, dan ansambel. Penerapan berbagai metode pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler
Nusa Octave Orchestra berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan teknis dan
musikalitas siswa. Melalui pendekatan yang sistematis dan terstruktur, para siswa mampu berkembang
dalam penguasaan alat musik serta penampilan ansambel. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang
diterapkan dalam ekstrakurikuler ini dapat dijadikan sebagai model dalam pengajaran musik di
lingkungan pendidikan lainnya.
Kata kunci: metode pembelajaran, ekstrakurikuler, orkestra, metode drill, teknik bermain musik,
ansambel.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Harjanti ,P. (2020). Management of Arts and Culture Extracurricular Activities

inRealize Quality of Junior High School Education. Yogyakarta:

MediaManagement Education

Sudjana ,N. (2011). Assessment of the results of the teaching and learning process.

Bandung:PTRemaja Rosdakarya

Sudjana ,N. (2014). Basics of Teaching and Learning Process. Bandung: SinarNew

Algensindo Offset

Prier. KE (2014). Music Dictionary. Yogyakarta: Banoe Liturgical Music Center,P.

2003. Music Dictionary. Yogyakarta: Kanisius Publisher

Supriadi. D. (1994). Cultural Creativity and the Development of Science and

Technology.Bandung:Alphabet

Fu'adi.(2009). Getting to Know Orchestral Music Closer. Harmonia JurDance drama

FBS Unnes ISSN No: 1411-5115

Mulyasa.HE(2011). Character Education Management. Jakarta: PT. BumiScript

Moleong, J. Lexy, 2001, Qualitative Research Methodology.Bandung:

PT. Rosyadakarya Youth.

Diterbitkan

2025-06-25

Cara Mengutip

Syahrizal Maulana, I. M., & Suryandoko, W. (2025). Metode Pembelajaran Kegiatan Ekstrakurikuler Nusa Octave Orchestra SMA NU 1 Gresik. Solah, 11(2). Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/69793

Terbitan

Bagian

Articles
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0