Kendala Guru IPS Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi COVID-19 di Kabupaten Jombang

  • Lira Trisnaning Beta Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kendala guru, mata pelajaran IPS, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk mengetahui kendala yang dialami guru IPS selama pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di Kabupaten Jombang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioristik oleh Ivan P. Pavlov yang menekankan pada stimulus dan respon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualititif deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara interaktif dari Miles dan Huberman meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini diantaranya adalah guru IPS dan siswa dari lima sekolah yang ada di Kabupaten Jombang. Temuan data menunjukkan bahwa selama kegiatan pembelajaran berlangsung daring guru mata pelajaran IPS di Kabupaten Jombang mengalami beberapa kendala pada kegiatan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian. Kendala yang dialami meliputi pemilihan sumber belajar yang sesuai, keterbatasan konseksi internet, pengkondisionalan peserta didik selama kegiatan pembelajaran berlangsung online, dan ketepatan siswa dalam pengumpulan tugas harian selama pembelajaran daring. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan selama pembelajaran daring diantaranya, memilih aplikasi belajar yang sesuai, membuat materi pembelajaran yang menarik,  dan memberi sanksi bagi peserta didik yang tidak mengikuti pembelajaran.

References

Adi, A. F. (2021). Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS: Studi Kasus Siswa MTS Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik. Journal of Social Studies, 1-12 Vol. 01 No. 01.
Aji', R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya, 395-402 Vol. 7 No. 5.
Anindar, J. (2017). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran. 8-16 Vol. 3 No.2.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi, dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 282-289 Vol. 10 No. 3.
Ariesca, Y. (2021). Analisis Kesulitan Guru pada Pembelajaran Berbasis Online di SDN Kecamatan Maluk. Progres Pendidikan, 20-25 Vol. 2 No. 1.
Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 281-288 Vol. 7 No. 4.
Creswell, J. W. (2014). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Metode Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Danin Haqien, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP, 51-56 Vol. 5 No. 1.
Hamdani, A. R. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Di Masa Pandemi Covid-19 ada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupatrn Subang. Jurnal Ilmiah, 01-09 Vol. VI No. 01.
Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 496-503 Vol. 8 No. 3.
Imania, K. A. (2019). Rencana Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal IPTEK, 31-47, Vol 5 No. 1.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 77-87 vol. 20 No. 2.
Mastur, M. (2020). Upaya Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan, 72-81 Vol. 2 No. 3.
Mastura, R. S. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 289-295 Vol. 3 No. 2.
Nahar, N. I. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Journal Ilmu Pengetahuan Sosial, 64-73, Vol 1.
Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an Dalam Pembelajaran daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 139-147, Vol. 5 No. 2.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Elementary School, 297-302, Vol. 7 No. 2.
Roesminingsih. (2017). teori dan Praktik Pendidikan . Surabaya: Lembaga Pengkaji dan Pengembangan Ilmu Pendidikan.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Segara, N. B. (2016). Pentingnya Pemahaman jati Diri Keilmuan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Jurnal Edunomic, 51-59, Vol. 4 No. 1.
Setyawan, F. E. (2020). Challenges of Stay-At-Home Policy Implementation During the Coronavirus (Covid-19) Pandemic in Indonesia. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 15-20 Vol. 8 No. 1.
Sidikin, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal ilmiah pendidikan Biologi, 214-224 Vol. 6 No. 02.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, T. (2019). Revitalisasi Pendidikan IPS di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, A. (2017). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implementasinya Dalam Pembelajaran . 1-26 Vol. 01 No. 02.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelaaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 31-34, Vol. 5 No. 1.
Tabah, S. (2018). Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial dan IPS . 1-15 Vol. 2 No. 1.
Published
2021-09-24
Section
Articles
Abstract Views: 866
PDF Downloads: 304