Eksperimen: Media Prezi untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik tentang Kerajaan Islam di Indonesia

  • Edwin Irzard Maulana Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
Keywords: media prezi, hasil belajar, kerajaan islam

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP laboratorium YDWP Unesa yang mengadaptasi School of Character atau sekolah berbasis karakter dan dalam mengintegrasikan semua data mulai dari pembelajaran, absensi, materi, pembayaran, dan konseling dapat terkoneksi secara real-time melalui e-learning Pembelajaran daring SMP laboratorium YDWP Unesa pada penerapannya menggunakan aplikasi Google meet, untuk membantu guru dalam berkomunikasi dan menjelaskan materi ke siswa. Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini ialah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan nilai antara pretest dengan posttest akibat pengaruh media pembelajaran Prezi selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar efektifitas penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP laboratorium YDWP Unesa. Termasuk penelitian berjenis eksperimen, untuk desain penelitian menggunakan kuasi ekaperimen, bermodel One-Group  Pretest-Posttest Design. keseluruhan kelas VII ditetapkan peneliti sebagai populasi, penetuan sample menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti mengumpulkan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan studi kepustakaan. Uji prasyarat dan uji t dan uji n-gain oleh penenliti ditentukan sebagai analisis data. Hasil penelitian memperlihatkan hasil nilai Sig.(2 tailed) 0,00 < 0,05, Artinya terdapat perbedaan nilai antara pretest dengan posttest akibat pengaruh penggunaan media pembelajaran Prezi terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Laboratorium YDWP UNESA. selanjutnya dalam uji n-gain menunjukkan nilai 59,73%, artinya penggunaan media Prezi cukup efektif.

 

References

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan. Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara MInat Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Pada Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 61-77.
Mardiansyah, M., S., & Basri, M. (2016). Pengaruh Media Presentasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah, 1-12.
Meidina, R., & Rizal, F. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Prezi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi bangunan di Kelas X TGB SMKN 5 Padang . CIVED Jurusan Teknik Sipil, 1-7.
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru) . Jakarta: Referensi.
Nuryadin, E., & Taman, M. Z. (2018). Pengaruh Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia (Studi Eksperimen Di Kelas Viii Smp Negeri 20 Kota Tasikmalaya). Bio Education, 82-29.
Priyatno, D. (2014). Mandiri Belajar Analisis Data dengan Spss . Yogyakarta: Mediakom.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer . Bandung: Alfabeta.
Santoso, S. (2014). Statistik Parametrik Edisi Revisi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sarwono, J. (2015). Rumus Rumus Populer dalam SPSS 22 untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: Andi Offset.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, T. (2019). Revitalisasi Pendidikan IPS di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sundayana, R. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-11-29
Section
Articles
Abstract Views: 192
PDF Downloads: 164