RAGAM HIAS PADA KERAMIK ZAENAL MAHMUD DI LAMONGAN JAWA TIMUR

  • ELVINDA YUSNIA MARTYASARI

Abstract

Keramik merupakan salah satu kerajinan Indonesia yang terkenal sebagai benda fungsional dan benda hias yang cukup diminati masyarakat.Di kabupaten lamongan terdapat industry keramik bakaran rendah yang dikenal dengan nama keramik Zaenal’s Pottery yang dibuat oleh seseorang bernama Zaenal Mahmud. Berlatar belakang sebagai seorang pelukis lulusan SSRI Yogyakarta pada tahun 19970, Zaenal Mahmud telah mengubah keramik menjadi suatu barang yang menarik serta menawarkan keindahan bentuk dan ragam hiasnya. Pembuatan ragam hias geometris yang dominan serta pembuatan ragam hias tumbuhan dan makhluk hidup yang dilakukan dengan cara deformasi dan stilasi, membuat keramik Zaenal Mahmud berbeda dengan keramik lainnya. Dari latar belakang tersebut di atas, peneliti tertarik untu mendalami tentang keramik Zaenal Mahmud. Penelitian ini membahas tentang ragam hias pada keramik Zaenal Mahmud yang meliputi ragam hias, proses pembuatan ragam hias, dan makna ragam hias pada keramik Zaenal Mahmud di lamongan Jawa Timur. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif.Tempat penelitian terletak di Jalan Pembangunan No. 07 Lamongan.Sumber penelitian meliputi objek penelitian dan informan. Objek penelitian yaitu keramik Zaenal Mahmud di Lamongan dan beberapa narasumber yang dijadikan informan yaitu Zaenal Mahmud selaku desainer dan perajin keramik Zaenal Mahmud, Sri Nurdiyah selaku pemilik industri keramik Zaenal Mahmud, dan Ahmad selaku karyawan di industri keramik Zaenal Mahmud. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pada tahap selanjutnya, peneliti menggunakan teknik validasi data yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan informan review.Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data atau memilah-milah data yang penting yang berkaitan dengan keramik Zaenal Mahmud, penyajian data, dan penarikan kesimpulan tentang ragam hias pada keramik Zaenal Mahmud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis ragam hias pada keramik Zaenal Mahmud adalah ragam hias geometris, ragam hias tumbuhan, ragam hias binatang, dan ragam hias manusia yang diterapkan dengan cara deformasi dan stilasi. Proses pembuatan ragam hias yang dilakukan pada keramik Zaenal Mahmud menggunakan teknik tempel, teknik cetak, teknik ukir, dan teknik toreh.Makna yang terdapat pada ragam hias keramik Zaenal Mahmud mengandung nilai estetik (keindahan), pesan moral yaitu kesederhanaan, kebersihan; dan pesan sosial yaitu kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan. Kata Kunci: Ragam Hias, Keramik, Zaenal Mahmud Abstract Ceramics is one of Indonesian handicrafts which famous as functional and ornamental objects that are quite interested in community. In Lamongan district, there is low burnt ceramic industry which wellknown as Zaenal’s Pottery ceramics made by someone named Zaenal Mahmud. His background as a painter who graduated from SSRI Yogyakarta in 1970, Zaenal Mahmud has transformed pottery into attractive item and offers a beautiful shape and various types of ornaments. The dominant geometric, plants, living creatures’ ornaments are made by deformation and stylized, making Zaenal mahmud’s ceramic different to other ceramics. From the background above, the researcher is interested to learn more about Zaenal Mahmud’s ceramics. This research discusses about the various types of ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics which focus on its ornaments, ornaments-making process, and the meaning of that ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics in Lamongan, East Java. This type of research is qualitative descriptive. The setting of this research was in Pembangunan street number 07 Lamongan. The source of this research was from research object and informant. Research object was Zaenal Mahmud’s ceramics in Lamongan and several informants were Zaenal Mahmud as designer and potters in Zaenal Mahmud’s ceramics, Sri Nurdilah as the owner of Zaenal Mahmud’s ceramics, and Ahmad as employee in Zaenal Mahmud’s ceramics industry. The data collection techniques in this research were observation, interviews, and documentation. In the next phase, the researcher used validation data technique, they were source triangulation, technique triangulation, and informants review. Data analyses technique was used reduction or sorting out the important data relating to Zaenal Mahmud’s ceramics, data presentation, and conclusion of the various types of ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics. The result showed that the ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics was geometric, plants, animal, and human which applied using deformation and stylized. The making process of the ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics used patching, molding, carving, notching techniques. The meaning of the ornaments in Zaenal Mahmud’s ceramics contained aesthetic value (beauty), the moral message of simplicity, cleanliness, and social message that togetherness and concern toward the environment. Key terms: Various Types Of Ornaments, Ceramics, Zaenal Mahmud

Published
2015-05-25
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 300