FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT MEDIA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMPN 1 TEGALSARI BANYUWANGI

  • AFFAN PERMADI

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat atau perantara yang berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara guru dengan siswa. Dalam pembelajaran seni budaya di SMPN 1 Tegalsari, penggunaan media pembelajaran guru seni budaya di SMPN 1 Tegalsari tidak memanfaatkan media elektronik seperti komputer dan LCD. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan media visual berupa contoh gambar pada lembaran kertas yang diperbesar. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa jenis media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran ekspresi di kelas masih kurang sesuai. Faktor pendukung di SMPN 1 Tegalsari adalah adanya media visual sebagai alat bantu proses pembelajaran di kelas. Media diselingi dengan metode pembelajaran ceramah dan sumber belajar guru seni budaya berupa buku penunjang. Faktor penghambatnya yakni didasari oleh terjadinya keterbatasan fasilitas sekolah media elektronik seperti LCD proyektor dan komputer yang kurang memadai. Media visual yang digunakan guru seni budaya masih terbilang monoton atau kurang variatif. Upaya guru seni budaya dalam mengatasi hambatan adanya keterbatasan fasilitas di sekolah dengan cara membuat media visual sebagai alat peraga berupa contoh-contoh gambar, yang ditampilkan pada lembaran kertas besar. Saran yang diberikan peneliti; guru perlu adanya upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan media pembelajaran, hendaknya guru belajar mengoperasionalkan media elektronik, guru harus dapat memilih media mana yang sesuai dengan materi yang diajarkan, guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran, pihak sekolah sebaiknya dapat menambah media pembelajaran yang diperlukan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.Kata kunci : media pembelajaran, seni budaya, seni rupa.AbstractLearning media is a useful tool or intermediary to facilitate the teaching and learning process, in order to streamline the communication between teachers and students. In the study of art and culture in SMPN 1 Tegalsari, use of instructional media arts and culture teacher at SMPN 1 Tegalsari not utilize electronic media such as computers and LCD. Teacher in the learning process just use visual media in the form of sample images on sheets of paper are enlarged. From the results of this research is that the type of media used by teachers in the learning process in the classroom is still lacking expression accordingly. Factors supporting at SMPN 1 Tegalsari is the visual media as a tool in the classroom learning process. Media interspersed with lecture teaching methods and learning resource teachers supporting arts and culture in the form of a book. Inhibiting factor that is based on the limitations of electronic media school facilities such as LCD projectors and computers are inadequate. Teachers use visual media art and culture still somewhat monotonous or less varied. Efforts of teachers of art and culture in overcoming obstacles to the limitations of school facilities by creating visual media as teaching aids in the form of examples of the image, which is displayed on large sheets of paper. Advice given researchers; teachers should the effort to optimize the utilization of instructional media, teachers should learn to operate the electronic media, the teacher should be able to choose which media in accordance with the material being taught, teachers are expected to be more creative in selecting instructional media, the school should be able to add the required instructional media teachers and students in the learning process.Keywords: learning media, arts and culture, art.

Published
2015-07-14
Abstract Views: 242
PDF Downloads: 91