ANALISIS VISUAL BUKU “UDAH PUTUSIN AJA!“FELIX Y. SIAUW DENGAN TEORI SEMIOTIKA VISUAL

  • NOVITA EMELYANA

Abstract

Buku Udah Putusin Aja! merupakan buku non fiksi karya Felix Y. Siauw yang memuat nilai-nilai islami. Buku ini berhasil memikat para pembaca. Desain yang dibuat oleh Emeralda selaku desainer menyesuaikan dengan pemuda di era digital ini. Misalanya dari segi warna dan ilustrasi. Sehingga buku ini menjadi populer dikalangan pemuda-pemudi. Selain itu, isi buku ini seperti grapic book Di dalamnya berisi cukup banyak hiasan grafis dan rangsangan visual yang menarik. Buku ini terjual sangat laris dan mencatat sebagai rekor penjualan tertinggi. Karena itu, peneliti bertujuan untuk membahas hal-hal sebagai berikut:: 1). Desain buku Udah Putusin Aja! karangan Felix Y. Siauw; 2). Tanda-tanda visual buku Udah Putusin Aja! karangan Felix Y. Siauw; 3). Makna visual buku Udah Putusin Aja! karangan Felix Y. Siauw. Permasalahan di atas tersebut dianalisis dengan teori Semiotika untuk memaknai tanda-tanda yang ada di dalam buku Udah Putusin Aja! dengan asumsi bahwa media itu sendiri dikomunikasikan melalui seperangkat tanda.Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif, sehingga data yang ada dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Data diperoleh dari sumber data utama adalah Buku Udah Putusin Aja!. Dari tanda-tanda visual yang terdapat pada buku Udah Putusin Aja! ini dengan analisis teori Semiotika. Maka hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: 1). Tampilan desain buku sangat unik, yaitu warna dan ilustrasinya menyesuaikan dengan target pembaca. Unsur-unsur desain yang ada di dalamnya difungsikan sebagai pembantu menyampaikan informasi. Sehingga desain dibuat sederhana dan tidak rumit tapi tetap menarik dengan tidak meninggalkan prinsip-prinsip desain; 2). tanda–tanda visual pada buku Udah Putusin Aja! menggunakan mode representasi ikonis, ideksial dan simbolis yang berbaur dalam penciptaan sebuah tanda; 3). Makna visul buku Udah Putusin Aja! mengarah pada persilangan antara makna konotatif dan denotatif.
Kata Kunci: Analisis Visual, Teori Semiotika Visual

The book entitled “Udah Putusin Aja!”is a nonfiction book written by Felix Y. Siauw that contains Islamic values. The book is succeed in interesting its readers. The book design that created by Emeralda as its designer, adapted it to the youth society in this digital era. As the example, its color and illustration. That‟s why the book becomes so popular to all youth. Beside that, the book‟s contents are like graphic book, there are many graphic ornaments, and also visual stimulation in it, its visual is also easy to understand that is proper to the nowadays reader. The book is well sold, and get the record as the best seller book with its highest amount of selling. That‟s why the researcher would like to discuss these as research problems: 1) “Udah Putusin Aja!”by Felix Y. Siauw-book design; 2) visual symbols of “Udah Putusin Aja!” book by Felix Y. Siauw; 3) visual meaning of “Udah Putusin Aja!”by Felix Y. Siauw.The research problems above is analyzed using semiotics theory to get the meaning of symbols in “Udah Putusin Aja!” book by the assumption that the communicative media of the book is its sets of symbols. This research uses descriptive qualitative analysis method, so that the data is explained in descriptions. Data is gotten from the main data resource – the “Udah Putusin Aja!” book. The visual symbols are analyzed using Semiotics theory. So, the results that are gotten by the research: 1) The book visual design is so unique, the design elements in it are functioned as the tool in transferring information. So that its design is simply made and not complicated but still interesting and not leaving the design rules or principles; 2) visual signs in the book “Udah Putusin Aja!” uses iconic, indexial, and symbolic representation model that are mixed in a creation of signs; 3) visual meaning of the book “Udah Putusin Aja!” directs to crossing between connotative meaning and denotative meaning.
Keywords: Visual Analysis, Visual Semiotics Theory

Published
2015-08-06
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 23