PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MATERI GAMBAR BENTUK UNTUK SMP KELAS VII SMP AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

  • WIMBI PRANANTA

Abstract

Abstrak

Telah dilakukan penelitian pengembangan media interaktif materi gambar bentuk yang dilatar belakangi oleh  menurunnya minat belajar siswa pada materi gambar bentuk yang disebabkan oleh guru yang kurang inovatif dalam melakukan pengembangan media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana  prosedur perancangan  media  interaktif gambar bentuk, (2)Bagaimana efektifitas media interaktif terhadap hasil belajar siswa, (3)Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media interaktif gambar bentuk. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Prosedur Perancangan media Interaktif  materi gambar bentuk, (2) untuk mengetahui efektifitas media interaktif terhadap hasil belajar siswa, dan (3) untuk mengetahui Respon Siswa setelah menggunakan media interaktif gambar bentuk. Manfaat pnelitian ini yaitu Terwujudnya media pembelajaran Seni Rupa berupa media interaktif pada sub materi Gambar Bentuk. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan model Pengembangan media Interaktif materi gambar bentuk ini menggunakan model penelitian dan pengembangan research and development (R&D). pada tahapan pengembangan menggunakan bagan yang telah dikemukakan oleh sugiyono, kemudian bagan tersebut telah disesuaikan sesuai dengan kebutuhan peneliti yaitu : Potensi dan masalah, analisis data, desain produk, telaah desain, revisi 1, validasi media, produksi, ujicoba, penulisan laporan. Peneliti mencoba menghasilkan produk berupa media Interaktif Pembelajaran materi Gambar Bentuk dan menguji keefektifan produk tersebut. Setelah dilakukan validasi desain dan ujicoba di SMP Al-Azhar Menganti, maka dapat diketahui kualitas, efektifitas media interaktif dan respon siswa. Hasil validasi materi dan media : 1) ditinjau dari segi kualitas media mendapatkan prosentase sebesar ( 89,77% ), sedangkan dari kualitas materi mendapat prosentase sebesar ( 89,58% ) dari kedua nilai validasi media dapat dinyatakan media layak digunakan dengan prosentase ( 89,56% ). 2) Dari segi efektifitas media dapat dinilai meningkatnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata prosentase kelulusan KKM sebelum menggunakan media sebesar 30% siswa yang lulus KKM, sedangkan setelah menggunakan media interaktif prosesntase KKM meningkat dengan prosentase kelulusan KKM sebesar 100%. 3) Respon Siswa setelah menggunakan media interaktif respon siswa sangat bagus terhadap media interaktif dengan prosentase 100%. Dari hasil analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa media interaktif materi gambar bentuk ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ).

 

Kata Kunci : Media Interaktif, Efektifitas, Gambar bentuk

Published
2017-05-10
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 48