PENGEMBANGAN BUKU MEWARNAI DENGAN TEMA BUDAYA LOKAL DI TK NURUL ULUM GENCENG TIKUNG LAMONGAN

  • MUHAMAD CHARISH SHODIQ

Abstract

Abstrak

Buku mewarnai dengan tema budaya lokal merupakan sebuah pengembangan produk buku mewarnai dengan menghubungkan antara fisik motorik halus dan aspek bahasa siswa dengan pemahaman budaya yang ada dilingkungannya (budaya lokal) yang sudah disesuaikan dengan kurikulum yang ada di TK. Di TK Nurul Ulum saat ini belum ada buku penunjang khusus dalam pembelajaran tentang adat dan budaya. Berdasarkan alasan tersebut peneliti melakukan pengembangan buku mewarnai dengan tema budaya lamongan.

Berdasarkan latar belakang, dapat diperoleh rumusan masalah sebagai berikut 1) bagaimana proses pembuatan buku mewarnai dengan tema budaya lokal dan 2) Bagaimana validitas buku mewarnai dengan tema budaya lokal di TK Nurul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Teknik analisis data yakni dengan mengumpulkan data, memilah data, dan menyimpulkan data yang diperoleh.        

Hasil pengembangan yang diperoleh yakni berupa buku mewarnai dengan tema budaya lokal kabupaten Lamongan untuk siswa taman kanak-kanak yang dalam proses pengembangannya melalui tahap-tahap sebagai berikut: konsep desain, pembuatan ilustrasi gambar digital, percetakan dan penjilidan buku, hasil validasi yang mencangkup validasi ahli (ahli materi dan ahli media) dan validasi pengguna (guru dan siswa). 

Kata Kunci: Buku Mewarnai, Budaya Lokal, Kabupaten Lamongan

Published
2017-05-12
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 129