TOPENG CAPLOKAN KARYA SANGGAR SATRIO TUNGGUL WULUNG DI DESA BANGSAL KECAMATAN PESANTREN  KOTA KEDIRI

  • SINTA ALWIA SARI

Abstract

Abstrak

Sanggar Satrio Tunggul Wulung Di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri berdiri sejak tahun 1992 yang didirikan oleh Bambang Sutrisno. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendiskripsikan 1) latar belakang keberadaan Topeng Caplokan di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri, 2) proses pembuatan Topeng Caplokan di Sanggar Satrio Tunggul Wulung Di Desa Bangsal Kecamatan Pesantran Kota Kediri, 3) Karakteristik Topeng CaplokanKaryaSanggar Satrio Tunggul Wulung Di Desa Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Yakni dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Analisis data pada penelitian ini menghasilkan: 1) latar belakang berdirinya Sanggar Satrio Tunggul Wulung Di Desa Bangsal Kota Kediri adalah untuk  melestarikan kebudayaan jaranan di Kediri, 2) proses pembuatan caplokan memakan waktu satu bulan dengan berbagaitahapan, menyiapkan kayu cangkringan, kayu dipotong sesuai kebutuhan, dibentuk dasar, dibentuk global, pendetailan dengan cara diukir, diamplas, memberi cat dasar berwarna putih untuk menutupi pori-pori kayu mengunakan cat kayu dengan cara dikuas, pewarnaan menggunakan warna-warna primer dan skunder dengan cara dikuas lalu diclear agar mengkilap, pemasangan bagian atas dan bawah  kepala Topeng Caplokan dengan diberi pasak batangan besi, pemasangan sisik, dan yang terakhir pemasangan jamang (mahkota), 3) karakteristik Caplokan karya Bambang memiliki motif patran, ukel-ukel, mengambil motif naga kong dari bali, dan mengambil bentuk mulut dari leak bali dengan warna yang bervariasi serta terdapat lima jenis caplokan yaitu, siung tempel, siung gantung, motif naga, siung celeng, dan kucingan, dari kelima caplokan tersebut yang membedakan adalah ukuran dan panjang siung.

 

Kata Kunci: Karakteristik visual, topeng caplokan, jaranan

Published
2017-07-20
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 112