PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK PEMBELAJARAN RAGAM HIAS DI SMPN 51 SURABAYA

  • Riska Krismawati Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Zaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Latar belakang pada pengembangan buku cerita bergambar ini dibagi menjadi tiga (1) kurangnya
pengenalan ragam kebudayaan seperti pada pembelajaran ragam hias, (2) kurangnya sarana dan
prasarana di SMPN 51 Surabaya sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang mudah diajarkan
dan dipelajari, (3) belum tersedianya media pembelajaran buku cerita bergambar dengan materi
ragam hias. Tujuan dari penelitian ini ialah mendeskripsikan dan menjelaskan langkah-langkah
pembuatan media buku cerita bergambar, proses pembelajaran, dan respon siswa. Pengembangan
buku cerita bergambar pada penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D).
Penelitian ini diawali dengan identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi desain, revisi desain dan uji coba produk. Proses pengumpulan data penelitian menggunakan
metode observasi, wawancara, dokumentasi, pre test, post test dan kuisioner. Proses pembuatan
media buku cerita bergambar ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Uji validasi materi
mendapatkan kategori sangat baik dengan prosentase sebesar 95,83% dan uji validasi media sebesar
90,62%. Setelah melalui proses validasi, media kemudian di uji cobakan terhadap 10 siswa kelas VII
SMPN 51 Surabaya. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan peningkatan nilai pre test ke nilai post test
siswa. Prosentase nilai pre test sebesar 64,3%, dan hasil nilai post test sebesar 79,7%, kemudian
didukung pula dengan hasil kuisioner siswa yang mendapat prosentase sebesar 85%, dengan
demikian media ini efektif, serta dapat meningkatkan antusias siswa dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Buku cerita bergambar, ragam hias, SMPN 51 Surabaya

Published
2021-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 193