PENGEMBANGAN MEDIA MODUL PEMBELAJARAN RAGAM HIAS GRESIK PADA LOGAM KELAS XI SMA NU 1 GRESIK

  • Silvi Nur Indah Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Indah Chrysanti Angge Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sektor yang memengaruhi kemajuan bangsa. Sedangkan kemajuan
pendidikan dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan teknologi, sehingga hal ini sangat dibutuhkan oleh
lembaga pendidikan untuk menunjang proses belajar mengajar. Pengembangan media pembelajaran
berupa modul dilakukan berdasarkan adanya permasalahan di SMA NU 1 Gresik yaitu keterbatasan
ruang praktik, belum adanya modul sebagai media pembelajaran, dan kurangnya pengetahuan siswa
mengenai ragam hias Gresik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul
pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Peneliti mengadaptasi metode Sugiyono yaitu Research &
Development. Tahap akumulasi data diperoleh dari observasi, wawancara, validasi produk, uji coba,
dan validasi data. Modul membahas mengenai ragam hias Gresik dan penerapannya. Uji kelayakan oleh
ahli media mendapat prosentase 82,8% dan ahli materi 96,6%. Sedangkan validasi guru seni rupa
mendapatkan prosentase 96,3% untuk media dan 95% untuk materi. Setelah validasi dan dinyatakan
layak, selanjutnya diuji cobakan kepada 30 siswa kelas XI MIPA 5, 6, dan 7. Hasil dari pre test 70,5%,
post test 84,16%, dan kuisioner sebesar 89,16%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
modul terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pelajaran seni rupa dan modul yang dikembangkan
layak digunakan serta efektif dan berdaya tarik bagi siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul, Ragam Hias Gresik

Published
2021-07-01
Section
Articles
Abstract Views: 60
PDF Downloads: 290