PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERKARYA LOGAM ALUMINIUM DENGAN TEKNIK TEKAN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 CERME

  • Nauval Mustofa Akbar
  • Martadi Martadi

Abstract

SMA Negeri 1 Cerme merupakan salah satu sekolah yang membutuhkan pengayaan materi pembelajaran seni budaya (seni rupa) terutama pada materi berkarya logam. Terbatasnya bahan ajar dalam menyampaikan materi seni rupa, menyebabkan peserta didik mengenal materi seni rupa dua dimensi dengan terbatas. Pada pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan sifatnya konvensional belum dilengkapi dengan modul. Karena permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Innovative work) dengan menggunakan rancangan model 4-D yakni pendefinisian (define), Perancangan (dasain), Pengembangan (develop), Penyebaran (Dessiminate). Dikarenakan keterbatasan penelitian maka penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan. Expositions pengembangan modul melewati beberapa langkah, yakni; analisis kebutuhan siswa; desain awal modul; draf I; validasi ahli materi; validasi ahli media; revisi draft I dan menghasilkan draf II; modul last. Konsep pengembangan modul ini mengangkat materi pembelajaran berkarya logam dengan teknik tekan yang mengacu pada kurikulum 2013. Hasil penilaian modul oleh validator ahli materi memperoleh skor 86.3% dan ahli media mendapatkan skor 74,1%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa modul telah legitimate dan layak   untuk diujicobakan.

Kata Kunci: pengembangan, modul, teknik tekan.

Published
2022-03-22
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 162