KREATIVITAS GAMBAR ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR LUKIS PAKAPUR SURABAYA

  • IMROATUN NADZIROH UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Siti Mutmainah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu aspek untuk menunjang perkembangan kemampuan berfikir anak sejak dini. Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal menjadi alternatif lebih unggul untuk meningkatkan kreativitas anak. Penelitian ini dilakukan di sanggar lukis Pakapur Surabaya yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil kreativitas gambar anak usia 4-8 tahun  berdasarkan aspek 4P yang meliputi produk, proses, pendorong, pribadi serta faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas anak di sanggar tersebut. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling. Dari populasi sebanyak 68 anak rentang usia 4-17 tahun diperoleh sebanyak 5 anak rentang usia 4-8 tahun. Dari data yang diperoleh melalui angket, dokumentasi, observasi, serta wawancara didapatkan hasil bahwa kreativitas gambar anak usia 4-8 tahun di sanggar lukis Pakapur Surabaya ditinjau dari aspek produk, proses, pendorong, pribadi, adalah sangat kreatif. Perkembangan gambar mereka melebihi rata-rata, mampu menghasilkan karya dari ide orisinalitas baik dari pengalaman maupun imajinasi dan menunjukkan proses berkarya yang spontan, luwes dan teliti. Tidak dipungkiri bahwa sanggar lukis Pakapur memiliki peran penting dalam meningkatkan kreativitas anak antara lain karena faktor metode pembelajaran yang diajarkan, pembimbing yang terlatih, memahami anak, motivasi dan apresiasi yang diberikan serta fasilitas dan kegiatan yang mendukung dan beragam.

Kata kunci: Kreativitas, Gambar Anak, Sanggar Pakapur

Published
2022-07-05
Abstract Views: 137
PDF Downloads: 281