PENGEMBANGAN MODUL GAMBAR PERSPEKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI I GALIS PAMEKASAN

  • Fahrur Rozi universitas negeri surabaya
  • Imam Zaini universitas negeri surabaya

Abstract

SMAN 1 Galis menerapkan pembelajaran seni rupa dengan materi gambar perspektif. Guru seni rupa mengalami keterbatasan bahan ajar karena metode ceramah dan buku ajar yang kurang lengkap. Siswa mencari materi tambahan secara online karena kesulitan memahami materi. Setelah pembelajaran, guru memberikan tugas praktek, namun siswa masih bingung dan kurang minat karena kurangnya media atau alat bantu. Hasilnya, nilai praktek siswa rata-rata 74. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan konsep perancangan pengembangan modul cetak menggambar perspektif untuk siswa kelas 10 SMAN 1 Galis, mengetahui dan mendeskripsikan proses pengembangan modul cetak menggambar perspektif untuk siswa kelas, 10 SMAN 1 Galis serta mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas hasil pengembangan modul menggambar perspektif untuk siswa kelas 10 SMAN 1 Galis. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Reserch and Development) dengan model 4-D (Four D) Thiagarajan, tahap- tahap mencakup pendefinisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,6 kategori layak, validasi media nilai yang diperoleh skor rata-rata 3.9 kategori layak. Uji coba kecil dengan jumlah responden 5 peserta didik memperoleh skor presentase nilai 89% kriteria layak, dan pada uji coba besar dengan jumlah responden 24 siswa memperoleh skor presentase nilai 86% dengan kriteria Layak dan pada pada test pemahaman siswa sebelum belajar menggunakan modul siswa mendapat nila rata-rata 60 dan setelah belajar menggunakan modul siswa mendapat nilai rata-rata 89 kategori layak.

Kata Kunci: Modul Gambar Perspektif, Gambar Perspektif

Published
2024-01-20
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 15