PERKEMBANGAN TARI BORAN SEBAGAI KESENIAN KHAS KABUPATEN LAMONGAN TAHUN 2006-2013(Makna dan Nilai Moral)

  • BENI YUSUF ALAMSYAG

Abstract

Abstrak


Kesenian Tari Boran adalah sebuah kesenian tari yang diciptakan oleh dua koreografer asal Lamongan yaitu Tri Kristiani dan Ninin Desinta, keduanya merupakan seorang guru seni di SMPN 1 kembangbahu Lamongan sekaligus pelatih tari di sanggar Trimelati. Tari Boran merupakan tarian yang cukup fenomenal dan sangat dikenal oleh masyarakat Lamongan, karena telah memberikan banyak prestasi-prestasi baik ditingkat Provinsi maupun Nasional sehingga membawa Kabupaten Lamongan semakin dikenal dengan prestasinya dibidang seni.
Dari latar belakang di atas, maka timbul beberapa rumusan masalah yang terdiri dari : 1. Bagaimana latar belakang lahirnya kesenian Tari Boran di Kabupaten Lamongan? 2. Bagaimana perkembangan kesenian Tari Boran di Kabupaten Lamongan pada tahun 2006-2013? 3. Apa Makna dan nilai moral yang disampaikan dalam kesenian Tari Boran di Kabupaten Lamongan?.
Lahirnya Kesenian Tari Boran dilatarbelakangi oleh keinginan Tri Kristiani dan Ninin Desinta untuk mengangkat tema aktivitas penjual kuliner nasi boran yang merupakan gambaran kecil tentang kehidupan sosial ekonomi masyarakat Lamongan serta semangat perjuangan hidup yang di sampaikan melalui sebuah karya tari dengan menjelaskan makna dan nilai-nilai moral yang terkandung didalamnya. Dalam kiprahnya, Tari Boran meraih banyak penghargaan baik ditingkat provinsi maupun nasional.


Kata kunci: Tari Boran, Kesenian Khas, Kabupaten Lamongan

Published
2014-08-20
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 574