PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SDN MAGERSARI SIDOARJO

  • Afif - Ahsan

Abstract

Abstrak: Kelemahan pembelajaran IPA yang ditemui di kelas IV SDN Magersari adalah bahwa pembelajaran tersebut lebih mengandalkan metode ceramah, tetapi kurang memfasilitasi siswa agar mendapat hasil belajar yang maksimal dan bermakna. Tingginya persentase siswa yang belum mampu mencapai kreteria ketuntasan minimal yaitu 60% menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal di kelas tersebut masih belum optimal sehingga perlu ditingkatkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Magersari dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Kualitas aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 12,8% yaitu dari siklus I sebesar 70% menjadi 82,8% pada siklus II. Sedangkan kualitas aktivitas siswa meningkat sebesar 18% yaitu dari siklus I sebesar 71% menjadi 89% pada siklus II. Hasil belajar siswa dengan ketuntasan belajar klasikal siswa mengalami peningkatan sebesar 32,5% yaitu dari siklus I sebesar 57,5% menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut; 1). guru hendaknya terus mengembangkan model pembelajaran inkuiri dalam kegiatan pembelajaran IPA untuk materi. 2). guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam menyajikan pembelajaran dengan menghadirkan model/metode pembelajaran yang inovatif agar siswa memiliki pengalaman baru dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran IPA.

Kata Kunci: Pembelajaran model Inkuiri, Hasil belajar, IPA

 

Abstract: Weaknesses encountered science learning in 4th class SDN Magersari Sidoarjo is that learning is more emphasis on talkative methods, but less facilitating student learning result in order to get a maximal and meaningful. The high percentage of students who have not been able to achieve the minimum completeness criteria of 60% indicates that the completeness results in the classical student in the class has not yet been optimized so it needs to be improved. This research has the goal of improving student learning result in 4th class SDN Magersari Sidoarjo using the inquiry model in learning science.This type of research is action research class consisting of 2 cycles. Each cycle is carried out through four phases: planning, implementation, observation and reflection. Data were obtained through observation and tests. Data observations analyzed the activities of teachers and students in the form of a percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and classical. The results showed activities of teachers and students in learning science by applying the inquiry model is increasing and reaches a predetermined success indicators. The quality of teacher activity increased by 12.8% from the first cycle of 70% to 82.8% in the second cycle. While the quality of the student activity increased by 18% from the first cycle of 71% to 89% in the second cycle. Learning result of students with mastery learning classical students increased by 32.5% from the first cycle of 57.5% to 90% in the second cycle.Based on the results obtained, the researchers delivered several suggestions as follows: 1). teachers should continue to develop a inquiry model in science learning activities for the material. 2). teachers need to improve its ability to serve the learning by presenting innovative more models or methods of teaching so that students have a new experience and motivated to keep learning science.

Keywords: Inquiry model learning, learning result, IPA


 

Author Biography

Afif - Ahsan
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 50