PENERAPAN METODE EKSPERIMEN MELALUI KELAS ALAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Dessy Yesyca Vernandani

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN Petung, Gresik. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Sedangkan instrumen pengumpulan datanya menggunakan lembar evaluasi dan data angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55% dari 30% pada Siklus I menjadi 85% pada Siklus II; peningkatan respon positiv siswa sebesar 7% dari 76% pada siklus I menjadi 83%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta respon positiv siswa pada pembelajaran IPA. Dengan demikian guru dapat menerapkan metode eksperimen yang mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan respon positiv siswa. Sehingga siswa akan mempunyai pengalaman belajar yang bermakna, lebih kreativ dan lebih menyukai pelajaran IPA karena adanya metode pembelajaran yang menyenangkan.

Kata kunci: Metode Eksperimen, pembelajaran IPA, hasil belajar siswa, respon siswa

 

Abstract: The purpose of this research is to improve student learning outcomes with applying the experimental method in science learning. This study uses action research design which consisted of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were 20 fifth grade students of SDN Petung, Gresik. Methods that are applied within this study tests and questionnaires. While the instruments used in data collection and data evaluation questionnaire sheet. The results of this study showed that an increase in student learning outcomes by 55% from 30% in the first cycle to 85% in the second cycle. Increased student responses by 7% from 76% in the first cycle to 83% in the second cycle. The conclusion of this study is the experimental method can improve students learning outcomes, as well as the responses of students in learning science positive. Thus teachers can apply the experimental method is able to improve student learning outcomes and students positiv response. So that students will have a meaningful experience, more and more like creatived science lessons because of the fun  of learning methods.

Keywords: experimental methods, learning science, learning outcomes, student response.


Author Biography

Dessy Yesyca Vernandani
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 429
PDF Downloads: 123