MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VI SDN KEDUNGRAWAN I KREMBUNG SIDOARJO

  • Radistya - Himawan

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran serta untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SDN Kedungrawan I Krembung Sidoarjo , yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 siswa laki – laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar siswa, dan catatan lapangan. Ketercapaian pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I sebesar 57,64% dengan kategori cukup dan pada siklus II sebesar 82,29% dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 50,625% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 80,23% dengan kategori sangat aktif. Skor hasil belajar siswa secara klasikal meningkat, pada siklus I sebesar 59,25 dan pada siklus II sebesar 80,15. Sedangkan ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 20% dan pada siklus II sebesar 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) materi pengolahan data dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SDN Kedungrawan I Krembung Sidoarjo serta memberikan suasana belajar yang menyenang dan dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran.

Kata kunci : hasil belajar, model Problem Based Learning, pengolahan data

 

 

Abstract: This research was conducted with the aim of improving the activity of teachers and students in learning and to improve students' math learning outcomes . The research methods used in this research is descriptive qualitative . This study uses action research design consisting of two cycles , where one cycle consisted of two meetings . Subjects in this study were teachers and sixth grade students of SDN Kedungrawan I Krembung Sidoarjo , totaling 20 people , consisting of 10 male students - male and 10 female students . Data collection techniques using observation , student achievement test , and field notes . Learning achievement increased from cycle I to cycle II . Teacher activity in the first cycle of 57.64 % with enough categories and the second cycle was 82.29 % with a very good category . Activities of students in the first cycle of 50.625 % with moderately active category and the second cycle was 80.23 % with a very active category . Scores of student learning outcomes in the classical increase , amounting to 59.25 in the first cycle and the second cycle was 80.15 . While mastery learning also increased in the first cycle by 20 % and the second cycle by 80 % . From these results it can be concluded that by applying the model of Problem Based Learning ( Problem Based Learning ) materials data processing can improve mathematics learning outcomes of sixth grade students at SDN Kedungrawan I Krembung Sidoarjo and provide a learning environment that is fun and can motivate students to be active in learning

Keywords : learning, problem based learning models , data processing


Author Biography

Radistya - Himawan
Jurusan S1-PGSD FIP Unesa
Published
2014-07-01
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 195