PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN RANGKAH I SURABAYA

  • Suparni - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPS, materi yang disampaikan dikaitkan dengan kehidupan seharai-hari siswa dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar  siswa  sehingga keberhasilan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis diketahui bahwa  hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6%, dari siklus I sebasar 59%, siklus II mencapai 65%, selanjutnya mengalami peningkatan sebesar 27,3%,dari siklus II 65%, siklus III mencapai 92,3%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS serta pendekatan pembelajaran kontekstual dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran IPS.

 

Kata kunciPendekatan Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

 

Abstract: Contextual approach is a learing concept which can help the reachers to connect the material which is taught with the students’ real world situation. In the learning process especially on Social Studies, the delivered material is associated with student’s daily life and it is expected to increase the students’ study result so that the learning  success can be achieved. This research is a qualitative descriptive research which consists of planning, implementation, observation, and feflection. From the analysis result is known that students’ study result  has 6% increased, from the first cycle is 59%, the second cycle is up to 65%. Then, it has 27,3% increased, from the second cycle is 65%, and the trird cycle is up to 92,3% The conclusion of this research is that contextual learning approach can increase the student study result on the social studies and it also can be used as an alternative of social studies learning process.

KeywordsContextual learning approach, Social Studies Learning, Study Result.

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 14