PENGEMBANGAN STRATEGI HITUNG PERKALIAN DENGAN STRUKTUR DAN POLA BILANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Hanin - Farida

Abstract

Abstrak: Tidak jarang siswa kelas tiga mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran perkalian. Walaupun sudah bisa, ketrampilan berhitung atau strategi hitung mereka terbatas. Tujuan penelitian untuk mengembangkan strategi hitung dalam menyelesaikan perkalian. Penelitian ini merupakan Design Research di mana pada akhir penelitian dihasilkan sebuah teori pembelajaran lokal dideskripsikan pada Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) III. Penelitian dilakukan dalam dua siklus besar yaitu HLB I dan HLB II pada akhir setiap siklus terdapat analisis retrospektif yang menggunakan HLB sebelumnya untuk menganalisis hasil uji coba di lapangan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Aktivitas yang digunakan dalam mengembangkan strategi hitung: pertama, menyusun tutup botol untuk memudahkan menghitungnya. Kedua, menghitung gambar banyak benda. Ketiga, menemukan beberapa struktur dan pola bilangan dari hasil perkalian yang ditentukan. Keempat, konggres matematika. Hasil penelitian HLB I dari 39 siswa yang menggunakan dua strategi sebanyak 26 dan sisanya hanya satu strategi. Sedangkan HLB II dari 34 siswa 21 siswa menggunakan dua strategi sisanya menggunakan satu strategi. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah melalui desain pembelajaran struktur dan pola bilangan dapat mengembangkan strategi hitung untuk menyelesaikan perkalian.

Kata Kunci: strategi hitung, perkalian, struktur dan pola bilangan.

 

Abstract: The third graders used to faced have difficulties when they learnt multiplication. Their counting skill and strategy was limited although they could do it. The purpose of this research was to improve the counting strategy of multiplication. It was a research design in which in the end of the research, it resulted a local learning theory, which was described in HLB III. This research consisted of two cycles; HLB I and HLB II. In the end of each cycle, there was a retrospective analysis which used the previous HLB to analyze the trial result. The data gotten was analyzed descriptively and quantitatively. There were four activities to improve a counting strategy. The first is to arrange the bottle cap to count easily. The second is to count the picture of much stuff. The third is to inquiry some number structures and patterns from the determined-multiplication result. The fourth is mathematics congress. The research of HLB I results that there are 13-students of 39 students who use only one strategy and the rest that is 26-students use two strategies. The research of HLB II results that there are 13-students of 34 students who use only one strategy and the others that is 21-students use two strategies. The conclusion is Learning Design using Number Structure and Pattern can develop a counting strategy to solve multiplication problem.

Keywords: counting strategy, multiplication, number structure and pattern.

Author Biography

Hanin - Farida
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 189
PDF Downloads: 122