PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN PETEMON X-358 SURABAYA

  • Joko - Widodo

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Petemon X - 358 Surabaya, Untuk mendeskripsikan Aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Petemon X - 358 Surabaya, mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number heads together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Petemon X - 358 Surabaya. Teknik yang digunakan adalah teknik observasi dan teknik test, yang dilakukan 3 kali test. Analisi data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 60,97 mengalami peningkatan pada siklus 2 mencapai 64,72 dan pada siklus III mencapai 89,58. Hasil aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 61,54%, mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 75 % dan pada siklus III mencapai 90,38 %. Hasil aktivitas siswa pada siklus I mencapai 63,33%, Mengalami Peningkatan pada siklus II mencapai 75,39 % dan pada siklus III mencapai 88,79 %. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sehingga dapat mencapai KKM yang ditentukan sekolah. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together dapat memperbaiki kualitas IPS pada siswa kelas V SDN Petemon X - 358 Surabaya.

Kata Kunci: IPS, Model Pembelajaran Kooperatif   tipe number heads together, Hasil belajar

 

Abstract: This study aimed to describe the activities of teachers in the implementation of cooperative learning model number type heads together to improve student learning outcomes in social studies class V student of SDN Petemon X - 358 Surabaya, to describe the activities of students in the application of cooperative learning model number type heads together to improve student learning outcomes in social studies class V student of SDN Petemon X - 358 Surabaya, describe the application of cooperative learning model number type heads together to improve student learning outcomes in social studies class V student of SDN Petemon X - 358 Surabaya. The technique used is the technique of observation and test techniques, test performed 3 times. Data analysis value - average student learning outcomes in cycle 1 at 60.97 has increased in cycle 2 reached 64.72 and reached 89.58 on the third cycle. The results of the activities of teachers in the first cycle of 61.54 %, an increase on the second cycle reaches 75 % and the third cycle reaches 90.38 %. The results of student activity in the first cycle reaches 63.33 %, Experiencing Increase in cycle II reached 75.39 % and the third cycle reaches 88.79 %. The results of this action research shows an increase in value - average student learning outcomes so as to achieve the specified KKM school. So the application of the  cooperative learning model types Number Heads Together can improve the quality of IPS in class V SDN Petemon X - 358 Surabaya.

Keywords: Social Studies, Cooperative Learning model number type heads together, Quality Learning.


Author Biography

Joko - Widodo
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 43