MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KELERENG DAN GELAS PLASTIK SISWA KELAS III SDN JATIBANJAR I JOMBANG

  • Awaludin Arif Hidayat

Abstract

Abstrak: Pelaksanaan pendidikan matematika yang dilakukan oleh guru memiliki suatu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, yakni berupa hasil belajar yang baik dengan penguasaan materi konsep yang nantinya akan berdampak pada sikap kritis dan ilmiah. Hal tersebut tentunya memerlukan adanya suatu sumber serta pembelajaran atau media yang sesuai. Untuk itu penulis mengangkat topik penelitian “Apakah penggunaan media kelereng dan gelas plastik dapat meningkatkan hasil belajar matematika operasi hitung perkalian pada siswa kelas III SDN Jatibanjar I Jombang?”. Adapun teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menggunakan teknik observasi guru, teknik observasi siswa serta tes. Observasi guru digunakan untuk mengetahui efektivitas guru dalam kegiatan mengajarnya. Observasi siswa digunakan untuk mengetahui keaktivan dan antusias siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung. Sedangkan tes digunakan oleh peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah guru menggunakan media kelereng dan gelas plastik pada pembelajaran matematika. Dari hasil penelitian yang dilakuakn pada pembelajaran matematika menggunakan media kelreng dan gelas plastik, didapatkan hasil pembalajaran siklus I sebagai berkut: prsentase aktivitas guru mencapai 75%, prosentase aktvitas siswa mencapai 55,56% dan hasil tes siswa melalui ketuntasan klasikal mencapai 68,18% karena perolehan hasil belajar  pada silkus I belum mencapai indikator ketercapaian sebesar ≥ 80% maka perlu diadakan perbaikan pada siklus II. Dan pada pembelajaran siklus II didapatkan asil sebagai berikut: prosentase aktivitas guru sebesar 83,33%, prosentase aktivitas siswa mencapai 88,89% dan prosentase hasil belajar siswa melalui ketuntasan klasikal yang mencapai 86,36% maka dapat peneliti simpulkan bahwa pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dengan menggunakan media kelereng dan gelas plastik pada siswa kelas III dinyatakan berhasil.

Kata kunci               : Media kelereng dan gelas platik, peningkatan hasil belajar, matematika, operasi hitung perkalian.

 

Abstract: The teaching learning process which is done by the teacher should have a purpose of study to achieve or a concept of study which can give utility to the students in their future life. There is no different in teaching mathematic, the teachers have to master the material in order to have a critial and scientific attitude. That is why the teachers need models, methodes, sources, and also apprpriate learning equipment. Based on the reason above the writer decides to have “Is using marbles and plasti glasses as media can inrcease the students’ achievement in studying multiplication operation for 3rd class students in SDN Jatibanjar 1 Jombang?” as a topic research. The procedures od collecting data are using teachers’ observation technique, students’ observation technique and also test. Teachers’ observation technique is used to find out the effectiveness of the teachers in teaching learning process. Students’ observation technique is used to find out the activeness and the enthusiasm of the students during teaching learning process. While the test is used by the researcher to find out the students’ achievement after the teacher used marbles and plastic glasses as media in teaching mathematic. Based on the research finding which is done by the researcher, by using marbles and plastic glasses as media, it can increase 3rd class students’ achievement in learning mathematic. And based on the test’s result in circle I and II which are done by the researcher showed that the increasing achievement perentages in the amount of 18.18%. So the researcher concludes that the influence of using marbles and plastic glasses as media in teaching mathematic can increase the students’ achievement.

Key words: marbles and plastic glasses as media, increasing students’ achievement, mathematic, multiplication operation

Author Biography

Awaludin Arif Hidayat
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-09-15
Abstract Views: 244
PDF Downloads: 342