PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR

  • Ida Damayanti Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kromong melalui menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yaitu yang terdiri dari empat tahap:perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kromong. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 16,91% yaitu dari 74,27% pada siklus I menjadi 91,18% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 13,75%, yaitu dari 71,25% pada siklus I menjadi 85,00% pada siklus II. Hasil afekti mengalami peningkatan 9,50% yaitu dari 77,50 pada siklus I menjadi 87,50 pada siklus II. Hasil psikomotorik mengalami peningkatan 7,75% dari 75,31% pada siklus I menjadi 83,03% pada siklus II. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 33,67%, yaitu dari 58,00% pada siklus I menjadi 91,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran peneliti  bahwa guru perlu mengembangkan model pembelajaran inkuiri sedini mungkin agar siswa memperoleh pengalaman belajar bermakna sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, IPA

 

Abstract: This researct aims to improve student lerning results, describing the activity of the teacher, student activities, and fourth grade student learning results of state elementary school Kromong by applying the model of inquiry learning in science learning. This type of research is action research that consists of 2 cycles. This study uses a model of Kemmis and Mc. Targart research is composed of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were all students of fourth grade in state elementary school Kromong Ngusikan District of Jombang. Data were obtained through observation, and testing. Data resulting from the activity of the teacher and student observations analyzed in terms of percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then classically described descriptively. The results of this study are results showed an increase in learning results cycle I and cycle II. Teacher activity increased by 16.91% from 74.27% in the first cycle to 91.18% in the second cycle. While the student activity increased by 13.75%, from 71.25% in the first cycle to 85.00% in the second cycle. Results afekti increased 9.50%, from 77.50 to 87.50 in the first cycle to the second cycle. Results psychomotor increased 7.75% from 75.31% in the first cycle to 83.03% in the second cycle. Cognitive learning results has increased. Mastery learning in classical students has increased by 33.67%, from 58.00% to 91.67% first cycle to the second cycle. Based on the obtained results it can be concluded that the application of the model of inquiry learning can improve student learning results. Suggestions researchers that teachers need to develop a model of inquiry learning as early as possible so that students gain meaningful learning experiences that can improve student learning results whether cognitive, affective, and psychomotor.

Keywords: Models of inquiry learning, learning results, science learning

Published
2015-06-29
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 58