MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG DENGAN MEDIA BANGUN RUANG DARI KARDUS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Irawan Putra Pamungkas Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran Matematika di SDN Kumitir II Mojokerto. Dalam proses pembelajaran mengidentifikasi sifat – sifat bangun ruang, guru belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai sumber belajar. Guru hanya menggunakan buku pegangan guru dan siswa menggunakan buku pegangan siswa. Pembelajaran tidak melibatkan siswa secara aktif dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Matematika dengan menggunakan media bangun ruang dari kardus. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media bangun ruang dari kardus dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 81,25%. Selain itu, dari hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada siklus I dengan presentase 70,8% dan pada siklus II 85,4%, serta adanya peningkatan aktivitas siswa pada siklus I dengan presentase 65% dan siklus II dengan presentase 85%.

Kata kunci: hasil belajar, sifat – sifat bangun ruang, media bangun ruang dari kardus.

Abstract : This study originated from observations conducted by researchers to study Mathematics at SDN Kumitir II Mojokerto . In identifying the nature of the learning process - geometrical properties , yet teachers utilize instructional media as a learning resource . Teachers only use handbook of teachers and students using the student handbook . Learning does not involve students actively using appropriate instructional media . The purpose of this study was to describe the activity of the teacher , student activities , and student learning outcomes to learning mathematics with the use of cardboard figures with the media . This study uses action research design ( TOD ) . Data collection techniques used were observation and tests . Collected data were analyzed using quantitative descriptive analysis techniques . The results showed that the use of cardboard figures with media to improve learning outcomes of students with classical completeness obtained in the first cycle by 75 % , the second cycle of 81.25 % . In addition , the results of the study also showed an increase in activity of the teacher in the first cycle with a percentage of 70.8 % and 85.4 % in the second cycle , as well as an increase in the activity of students in the first cycle with a percentage of 65 % and a second cycle with a percentage of 85 %

Keywords : learning outcomes , nature - nature waking up space , media room wake of cardboard.

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 41