PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERCERITA TEMA LINGKUNGAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Khusnul Kartiniwati Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Tujuan yang ingian dicapai adalah mendiskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar bercerita dan mendiskripsikan hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar bercerita siswa. Setelah peneliti memanfaatkan media gambar pada pembelajaran tematik dengan muatan Bahasa Indonesia dan Matematika, pada SDN Purwojati 2 Ngoro Mojokerto, peneliti mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu, dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, serta  hasil belajr siswa juga mengalami peningkatan. Hasil belajar yang diperoleh  dianalisis menggunakan tes analisis data deskriftif kualitatif, penilitian dilaksanakan dua siklus dan setiap setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketentuan klasikal hasil belajar bercerita umtuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 51,9% dan siklus II meningkat menjadi 92,6% penguasaan materi untuk mata pelajaran Matematika pada siklus I angka ketuntasan klasikalnya mencapai 59,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 77,7%. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 2 SDN Purwojati 2 Mojokerto dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar bercerita.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, Lingkungan

 

Abstract: The goal of this researchis to describethe activities of teachers and students in the use of media images to improve learning outcomes and illustrate storytelling student learning outcomes with the use of media images to improve student learning outcomes storytelling. After there searcher made use of media images on the matic learning with Indonesian cargo and Mathematics, in Purwojati 2 Elementary School Mojokerto, there searcher obtains satisfactory results. In addition, the results ofthe studys howe dan increase inthe activity ofthe teacher, student activities, and student learning outcomes also increased.The results of the study were analyzed using descriptive qualitative test data analysis, research carried out every two cycles and each cycle consisted of two meetings. The results showed that the use of media images can improve student learning outcomes. In the first cycle provision classical learning outcomes for subjects recalled 51.9% Indonesian and second cycle increased to 92.6% mastery of the material for Mathematics in the first cycle rate reached 59.3% classical completeness 2nd the second cycle increased to 77 , 7%. From the results of research conducted in the 2nd grade students of Purwojati 2 Elementary School Mojokerto can be concluded that the use of media images can improve learning outcomes storytelling.

The Keyword : Results Learning, Media Image, Environment

 

 

Published
2015-06-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 150