PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TEMA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN SAJEN 02 PACET – MOJOKERTO

  • Roseta Perdana Putra Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berangkat dari kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru karena guru hanya menggunakan metode yang sama dalam setiap kegiatan belajar mengajar, tidak menggunakan media pembelajaran dan selalu menggunakan cara mengajar yang monoton sehingga membuat siswa jenuh serta belum diterapkannya pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aktivitas guru dan siswa, peningkatan hasil belajar siswa serta kendala-kendala yang muncul dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada tema lingkungan dikelas II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data akan dipaparkan sesuai dengan fakta dan fenomena yang terjadi dalam penelitian, serta analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti yang akan merencanakan, marancang, melaksanakan, menganalisis data, menyimpulkan dan membuat laporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Sajen 02 Pacet-Mojokerto yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes evaluasi. Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I 76,13% dan pada siklus ke II dengan persentase 90,9%. Aktivitas siswa selam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan persentase awa pada siklus I 70,00% dan pada siklus ke-II 91,70%. Pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn  juga mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I yaitu 47,62% dengan rata-rata 71,29 dan persentase siklus ke-II  90,48% dengan rata-rata 88,67. Pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS juga mengalami peningkatan dengan persentase pada siklus I 47,62% dengan rata-rata 68,90 dan persentase pada siklus II 95,24% dengan rata-rata 83,81. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema lingkungan di kelas II SDN Sajen 02 Pacet-Mojokerto.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together, Pembelajaran tematik, hasil belajar.

 

Abstract: The background of this study  from the less active students in following the lessons given by teachers because the teachers just use the same method of teaching and learning in every activity, they do not use instructional media and always use a monotonous way of teaching that makes students bored and there is no implementation of thematic learning. The purpose of this study was to describe the activity of teachers and students, the increase of student learning outcomes and the constraints that arise in the application of cooperative learning model type NHT (Numbered Head Together) on an environmental theme in the second grade on an environmental theme. This study use a PTK (Classroom Action Research) with research procedures: planning, implementation, observation and reflection. Data will be presented in accordance with the facts and phenomena that occur in the study, and data analysis conducted qualitative and quantitative descriptive.The subjects of this study students in grade II of SDN Sajen 02 Pacet-Mojokerto which amounts to 21 students. The technique of data collection was using observation and evaluation tests. On learning activities, the activities of teachers increased from the percentage of 76.13% in cycle I into the percentage of 90,90% in cycle II. The students’ learning activity also increased with the percentage of 75,00% in cycle I into the precentage of 91.70% in cycle II. The students’ learning achievement in Civics subjects also increased by the percentage of 47,62% in cycle I with an average of 71,29 and the percentage of cycle II is 90,48% with an average of 88,67. The students’ learning outcomes in social studies subjects also increased. The percentage of the cycle I is 47,62% with an average of 68,90 and 95,24% in cycle II with an average of 83,88. From these results, it can be concluded that the use of cooperative learning model of type NHT (Numbered Head Together) can improve the students learning outcomes on an environmental theme in the grade II of SDN Sajen 02 Pacet-Mojokerto.

Keywords: Cooperative learning type NHT (Numbered Head Together), Thematic learning, Learning
Published
2015-07-01
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 106