PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS I SDN BARON 5 KAB. NGANJUK

  • Ryan Susiani Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang karena proses pembelajaran oleh guru kelas I SDN Baron 5 - Nganjuk belum menggunakan pembelajaran tematik. Guru menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Guru melakukan kegiatan pembelajaran yang monoton dan kurang ada inovasi – inovasi baru seperti tanpa menggunakan media pembelajaran. Pembelajaran seperti itu menimbulkan tidak adanya semangat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar di kelas. Hasil belajar siswa juga belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan media gambar dan mengkaji pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dikembangkan melalui empat tahap kegiatan, yaitu : a) perencanaan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi, dan d) refleksi.penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Baron 5 Kab. Nganjuk yang berjumlah 18 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa.Subyek penelitian dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Presentase di siklus I  68,75 % menjadi 89,58 % di siklus II.Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar mengalami peningkatan dari siklus I 71 % menjadi 87,5 %di siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada tes hasil belajar IPA dari siklus I 72 % menjadi 89 % di siklus II, sedangkan presentase Bahasa Indonesia 61 % di siklus I menjadi 89 % di siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran tematik tema diri sendiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Baron 5 Kab. Nganjuk.

Kata Kunci: media gambar, pembelajaran tematik, tema diri sendiri, hasil belajar.

 

Abstract: This research background because the learning process by first grade teacher at SDN Baron 5 - Nganjuk not use thematic learning . Teachers use the lecture method in presenting the material . Teacher learning activities monotonous and there is less innovation - innovation as without the use of instructional media . Learning as it raises the absence of the spirit and motivation of students to follow the learning process in the classroom . Student learning outcomes are also not met the completeness criteria specified minimum . The purpose of this study was to assess the activity of teachers and students in thematic learning activities using media images and study the effect of the use of media images on improving student learning outcomes .This study is a classroom action research (CAR ) , which was developed through four phases of activities , namely : a) planning , b ) implementation of the action , c ) observation , and d ) is refleksi.penelitian first graders of SDN Baron District 5 . Nganjuk totaling 18 students . This type of research is descriptive qualitative and quantitative descriptive . Collecting data using the method of observation and tests student learning outcomes .Subjects in the study results showed that the percentage of all teachers has increased from cycle I to cycle II . Percentage of 68.75 % in the first cycle to 89.58 % in cycle II.Aktivitas students during the learning process by using the media image of the first cycle increased 71 % to 87.5 % in the second cycle . Improving student learning outcomes can be seen in the test results to learn science from the first cycle 72 % to 89 % in the second cycle , while the percentage of Indonesian 61 % in the first cycle to 89 % in the second cycle . From these results it can be concluded that the use of media images on the theme of self- thematic learning can improve student learning outcomes Baron class I SDN District 5 . Nganjuk.

Keywords:media images , thematic learning , self theme , learning outcomes.


 

Published
2015-07-01
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 151