PENERAPAN METODE OUT DOOR ACTIVITY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Siti Aisah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, mendeskripsikan aktivitas siswa, dan respon siswa dalam pembeajaran IPA kelas II SDN Kepanjen I Jombang, melalui penerapan metode outdoor activity. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danĀ  refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Kepanjen I, Jombang. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar secara individu dan klasikal kemudian dijabarkan secara deskriptif Data hasil observasi aktivitas siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data respon siswa dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang diperoleh siswa kelas II SDN Kepanjen I Jombang mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar kognitif siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari 61% pada siklus I menjadi 95,12% pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa meningkat dari 74% % menjadi 84%. Hasil belajar psikomotor siswa juga meningkat dari 71% menjadi 81%. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 72,80% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor activity dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa kelas II pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi Guru perlu mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan metode outdoor activity sedini mungkin agar siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang materi yang sedang dipelajari. Dengan demikian hasil belajar yang diperoleh siswa menyeluruh, baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotor.

Kata kunci: Metode Out door Activty, Hasil belajar, IPA

Abstract: This study aims to improve student learning outcomes , describing ativitas students , and student responses in 2nd natural science learning in elementary school Kepanjen I Jombang , through the application of methods of outdoor activity. This type of research is action research that consists of 2 cycles . Each cycle is carried out through four stages: planning , implementation , observation , and reflection . All subjects were students of 2nd elementary school KepanjenI , Jombang . Data were obtained through observation and tests . Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then translated classical data descriptively analyzed the observation of student activity in the form of a percentage . Student response data described descriptively. The results show learning results obtained by the second grade students of elementary school Kepanjen I Jombang has increased . Mastery learning in the classical cognitive students increased from 61 % in the first cycle to 95.12 % in the second cycle . Affective learning outcomes of students increased from 74 % % to 84 % . Psychomotor learning outcomes of students also increased from 71 % to 81 % . While the activities of students has increased from 72.80 % in the first cycle to 88 % in the second cycle . Based on the obtained results it can be concluded that the application of the methods of outdoor activity can improve learning outcomes and class II student interest in learning Natural Sciences . Based on the research results obtained , it is advisable for the teacher needs to develop a method of learning by using outdoor activity as early as possible so that students can gain a deeper understanding of the material being studied . Thus the results obtained by students thorough study , both cognitive, affective and psychomotor .

Keywords: Out door Activty Methods , learning of Results, science

Published
2015-07-01
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 168