MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN BERAT DENGAN MEDIA TIMBANGAN PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • Siti Ana Mutrofin Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa guru tidak menggunakan media pada saat menjelaskan materi pengukuran berat tetapi guru hanya menerangkan dan guru hanya menggunakan kapur tulis dan papan sebagai medianya untuk menerangkan pengukuran berat, Sehingga banyak nilai siswa yang kurang dari Kriteria ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SDN Denanyar 3 Jombang Menggunakan media timbangan.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Denanyar 3 Jombang. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes. Data hasil observasi aktivitas guru dan siswa dianalisis dalam bentuk persentase. Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan persentase ketuntasan belajar kemudian dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan siklus II. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari 62,98% pada siklus I menjadi 87,01% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 64,37% pada siklus I menjadi 83,75% pada siklus II. Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas II SDN Denanyar 3 Jombang mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan dari 66,66% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa menggunakan media timbangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Karena hasil pembelajaran untuk aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar sudah mencapai  ³  80%, maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media timbangan dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran berat.

Kata kunci: Pengukuran berat, Media timbangan, Hasil belajar

 

Abstract: Based on the results of observations made by researchers that the teachers do not use the media when describing the material weight measurement but only the teacher and the teacher explained using only chalk and board as a medium to describe explained weight measurements, so many of the students who are less than a minimum exhaustiveness criteria (KKM).This study aimed to describe the teacher and student activities, and student learning results of Elementary School Denanyar 3 Jombang through using medium scale. This research is action research that consists of 2 cycles. Each cycle is carried out through four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects were all students of class II Elementary School Denanyar 3 Jombang. Data were obtained through observation and tests. The result from the teachers’ activities and student observations analyzed in terms of percentage. Student achievement test data were analyzed based on the percentage of mastery learning individually and then classically described descriptively. The results showed an increase in the percentage of all teachers and students in the first cycle and second cycle. Teacher activity increased from 62,98 % to 87,01 % on first cycle to the second cycle. While the activities of students has increased from 64,37 % to 83.75 % first cycle to the second cycle. Student learning results acquired Elementary School Denanyar 3 Jombang has increased. Students’ learning mastery in the classical cognitive increased from 66,66 % to 88,88 % on first cycle to the second cycle. Based on the obtained results it can be concluded that using medium scale can improve learning results. Because the learning outcomes for teacher activity, the activity of student, and the test has reached ³ 80%, it can be concluded that the use of media weights can improve learning outcomes mathematical material weight measurements.

Keywords: weight measurements, scale media, learning outcomes.


Published
2015-07-01
Abstract Views: 95
PDF Downloads: 55