PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS III SDN KESEMEN MOJOKERTO

  • Siti Khotimah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Latar belakang penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Kesemen Mojokerto kuarng aktif dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru karena guru kurang kreatif dalam memanfaatkan media yang tepat. Hal ini membuat siswa merasa bosan belajar di kelas tersebut dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. untuk itu, perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan penggunaan media gambar diharapkan dapat mempermudah siswa mengingat sekaligus mengungkapkan kembali formasi yang telah didapat sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar berbicara. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran selama kegiatan berlangsung, Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas III tentang keterampilan berbicara dan mendeskripsikan kendala dan cara mengatasi kendala yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kesemen Mojokerto yang berjumlah 20 siswa. teknik pengumpulan data menggunkan metode observasi, tes, dan catatan lapangan.Selama kegiatan pembelajaran hasil keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I keterlaksanaan pembelajarann mencapai 86,67% dengan nilai ketercapaian 70%, dan pada siklus II keterlaksanan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 93,33%. Sedang hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar ketuntasan 55%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95%. Kendala yang muncul pada siklus I yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah dan dalam memanfaatkan media gambar kurang maksimal, dan semua kendala pada siklus I dapat diatasai pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keterampilan bercerita  siswa kelas III SDN Kesemen Mojokerto.

Kata Kunci: Media gambar, Pembelajaran Tematik, Keterampilan berbicara.

 

 

Abstract: The background of this research is the fact III SDN Kesemen Mojokerto are less active in taking the lesson given by the teacher because the teacher is less active in applying the appropriate strategi. Therefore the student are getting bored to study in the class which makes their telling skill is low. So that, need presence for solving the problem with using of images media in expected can make students remember and also give expression the formation have gotten soo give motivation too telling learning.The purpose of the research is to recognize the application of study during the learning prosess, Describe the student learning outcomes of III grade about increasing of telling skill, and also to know how to solve the problem which occurs during the studying prosess. This research applies class action research plan which is carried out in four steps: planning, actuating, observing, and reflecting. This research consists of two cycles with once meetings. The subjects (objects) of this research are 20 students at III grade in Kesemen Elementary School Mojokerto. The techniques  collecting data are observation test and field note.During the learning activating, the applied learning increases with the average score of 86,67% with the reaching score 0f 70% on cycle I. While on cycle II the applied learning is 100% with the reaching score of 93,33%. The students studying result also increases on cycle I in the applied learning reaches classical complete of 55% and increases to 95%on cycle II. The problems who encountered in the first cycle of students learning activities still low and less than the maximum using the images media, and all problems in the first cycle can be resolved on the second cycle. From these results it can be concluded that the using of images media in thematic learning can increase the telling skill III grade  in the Kesemen elementary school Mojokerto.

Keywords:Images media, Telling Skill.
Published
2015-07-01
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 288