PENGGUNAAN MEDIA BONEKA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR

  • Ummul Khoir Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Latar belakang penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN lolawang Mojokerto kurang aktif dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru Hal ini membuat siswa merasa bosan belajar di kelas tersebut dan menyebabkan rendahnya keterampilan berbicara siswa. untuk itu, perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan penggunaan media boneka. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran selama kegiatan berlangsung, Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas II tentang peningkatan keterampilan berbicara dan mendeskripsikan kendala dan cara mengatasi kendala yang muncul pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Lolawang Mojokerto berjumlah 20 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan catatan lapangan. Pada siklus I keterlaksanaan pembelajarann mencapai 82,35% dengan nilai ketercapaian 73,53%, dan pada siklus II keterlaksanan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 91,91%. Sedangkan keterampilan berbicara siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar ketuntasan 75%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.Kendala yang muncul pada siklus I yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran masih rendah dan dalam memanfaatkan media kurang maksimal, dan semua kendala pada siklus I dapat diatasai pada siklus II.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media boneka dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas II di SDN lolawang Mojokerto.

Kata Kunci: Media Boneka, Keterampilan Berbicara

 

 

Abstract: The background of this research is the fact II Lolawang elementary school Mojokerto are less active in taking the lesson given by the . Therefore the student are getting bored to study in the class which makes their speaking skill is low. So that, need presence for solving the problem with using of doll media. The purpose of the research is to recognize the application of study during the learning process, Describe the student learning outcomes of II grade about increasing of speaking skill, and also to know how to solve the problem which occurs during the studying process. This research applies class action research plan which is carried out in four steps: planning, actuating, observing, and reflecting. This research consists of two cycles with once meetings. The subjects (objects) of this research are 20 students at II grade in lolawang Elementary School Mojokerto. The techniques  collecting data are observation test and field note. During the learning activating, the applied learning increases with the average score of 82,35% with the reaching score 0f 73,53% on cycle I. While on cycle II the applied learning is 100% with the reaching score of 91,91%. Whereas The speaking skill of students also increases on cycle I in the applied learning reaches classical complete of 75% and increases to 100%on cycle II. The problems who encountered in the first cycle of students learning activities still low and less than the maximum using the media, and all problems in the first cycle can be resolved on the second cycle. From these results it can be concluded that the using of doll media in thematic learning can increase the speaking skill in II grade  in the Lolawang elementary school Mojokerto.

Keywords:Doll media, Speaking Skill.


 

Published
2015-07-01
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 129