PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASIUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA KEGEMARANSISWA KELAS I DI SEKOLAH DASAR

  • Windaria Desi Purwanti Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN Lolawang Ngoro Mojokerto kurang aktif dalam mengikuti pelajaran yang diberikan guru. Hal ini membuat siswa merasa bosan belajar di kelas tersebut dan menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. untuk itu, perlu adanya pemecahan masalah yaitu dengan penggunaan metode demonstrasi diharapkan siswa dapat lebih berminat dan aktif terlibat dalam proses pembelajaran, mengingat sekaligus mengungkapkan kembali formasi yang telah didapat sehingga dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajarnya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru setelah penggunaan metode demonstrasi, mendeskripsikan aktivitas siswa kelas I dalam keterlaksanaan pembelajaran selama kegiatan berlangsung, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas I setelah penggunaan metode demonstrasi Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Lolawang Ngoro Mojokerto yang berjumlah 20 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dan tes. Selama kegiatan pembelajaran hasil keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan. Pada siklus I keterlaksanaan pembelajaran mencapai 72,73% dengan nilai ketercapaian 65,91%, dan pada siklus II keterlaksanan pembelajaran mencapai 100% dengan nilai ketercapaian 93,18%. Sedang hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I hasil belajar ketuntasan 40%, dan pada siklus II meningkat menjadi 95%.. Untuk aktivitas siswa siklus I 65% meningkat menjadi 90,67% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar tema kegemaran siswa kelas I SDN Lolawang Ngoro Mojokerto.

Kata Kunci : Metode demonstrasi, Pembelajaran Tematik, Hasil belajar.

Abstract: The background of this research is the fact I Lolawang Elemantari School Mojokerto are less active in taking the lesson given by the teacher. Therefore the student are getting bored to study in the class which makes their outcomes of study is low. So that, need presence for solving the problem with using of demonstration method in expected can make students have an interest and active in learning process , remember and also give expression the formation have gotten so give motivation to increase their outcomes of study.The purpose of the research is to recognize the application of study during the learning process, Describe the teacher’s activities after using demonstration method, describe the student’s activities I grade during the learning process, and describe outcomes of study I grade after using demonstration method.This research applies class action research plan which is carried out in four steps: planning, actuating, observing, and reflecting. This research consists of two cycles with once meetings. The subjects (objects) of this research are 20 students at I grade in Lolawang Elementary School Ngoro Mojokerto. The techniques  collecting data are observation and test.During the learning activating, the applied learning increases with the average score of 72,73% with the reaching score 0f 65,91% on cycle I. While on cycle II the applied learning is 100% with the reaching score of 93,18%. The students studying result also increases on cycle I in the applied learning reaches classical complete of 40% and increases to 95%on cycle II. From these results it can be concluded that the using of demonstration method can increase outcomes of study topic is hobby I grade Lolawang elementary school Ngoro Mojokerto.

Keywords: Demonstration method, thematic learning, outcomes of study.

Published
2015-07-01
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 225