PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA” MATA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN LIDAH WETAN II SURABAYA

  • MALIA ULFA Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan aktivitas dalam berkreasi mengajar guru sehingga pengelolaan proses pembelajaran tentang Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar dapat merespon siswa yang selama ini mengalami penurunan kualitas belajar, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa dan guru. Penerapan pembelajaran dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, dilakukan melalui PTK untuk meningkatkan prestasi belajar, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilakukan di SDN Lidah Wetan II Surabaya melalui 2 siklus. Dari hasil pelaksanaan PTK menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan (berarti). Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang baik dalam pembelajaran dan guru telah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Serta terjadi peningkatan rata-rata dari hasil belajar siswa yakni dari sebelum penelitian sebesar 64,8 menjadi 76 pada siklus I dan 80, 6 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi siswa kelas V SDN Lidah Wetan II Surabaya.

Kata Kunci: Pemanfaatn Internet, Pembelajaran IPS, Prestasi Belajar.

 

Abstract: This study begin from the background where the importance of to do renewal in enhanced the teacher teaching creativity in social science study process at elementary school as response of the weaker quality of student learns whether on the process   or from the  product. A large part of teacher stills to carry out study with traditional study approach. Such condition potential to evoke boredom with demote the interest of student  to learns. This study uses qualitative descriptive approach and quantitative to get data and the analysis through reflective studies and collaborative. Program development based from dates and information from student, teacher,  and naturally social setting class through three cycle stages class action watchfulness. The use of internet as a source of learning, done through PTK to increasing the achievement of social science subject. This watchfulness is done at SDN LIDAH WETAN II  SURABAYA with two cycles. From observation result shows influence existence significant. This can be seen from a good student activity in learning and teachers have created a fun learning atmosphere for students.  And an increase in the average of the student learning outcomes from prior studies of 64.8 to 76 in the first cycle and 80, 6 on the second cycle.SimakBaca secara fonetik From the execution of PTK inferential that use of internet as a source of learning can increase the achievement of  social science subject learning result for fifth grade student SDN LIDAH WETAN II  SURABAYA.

Keywords: Using  Internet, Social Studies, Learning Achievement.

Published
2013-05-17
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 115