PENGGUNAAN MEDIA SEDOTAN PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA PENGALAMAN DI KELAS III SDS DUMAS SURABAYA

  • SHANTYANTY ERNA MELYANTY JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah yang di hadapi guru dalam pembelajaran tematik agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Proses dan langkah –langkah penelitian ini di mulai dari tahap perencanaan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi yang bersifat daur ulang atau siklus data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil observasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa pada siklus I mencapai 60% dan siklus II mencapai 96% berarti ada peningkatan 36% Demikian juga untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 65% dan pada siklus II mencapai 96% sehingga terjadi peningkatan aktivitas sebesar 25% hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan 25% dimana pada siklus I mencapai 75% pada siklus II mencapai 97%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran langsung dalam pembelajaran tematik tema pengalaman di kelas III menunjukan peningkatan aktivitas guru, Siswa dan Hasil belajar.

Kata Kunci: Media Sedotan Plastik, Hasil belajar.

 

Abstract: This observation aims to solve the problem of teachers’ difficulties in thematic teaching toward the students’ study result.Class’s act observation ia one of observation type that held on 2 cycles. The process and observation steps started from planning step, activity done, Observation  and reflection in the form of recycle or data cycle obtained from observation is the observation’s result and the result of students’s learning. The observation result shows that the students’ activity in cycle reaches 60% and cycle II reaches 96% means there is increasing of 36%. It’ s alsa for teachers’ activity of cycle I reaches 65% and for cycle II reachers 96%. It councluded that 25% reduce in activity. The result of students’ learning also overcome increasing about 25%. In cycle I reaches 75% and in cycle II reaches 97%. The using of direct teaching model in experience theme thematic teaching at grade III increase the activity of teachers’ students and study’s result.

Keywords: Implementation of plastic straw, study’s result.

 

Published
2013-05-17
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 18