PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • AMALIYAH - JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam menetapkan media yang tepat agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data dari hasil observasi dan hasil belajar siswa. Proses dan langkah-langkah penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I mencapai 69% dan siklus II mencapai 81,25% berarti ada peningkatan 12,25%. Demikian juga dengan aktivitas siswa pada siklus I mencapai 79,49% dan pada siklus II mencapai 84,62% yang berarti ada peningkatan sebesar 5,13%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dimana pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 71,92 sedangkan pada siklus II mencapai 75, ini berarti mengalami peningkatan sebesar 3,08, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 74,36%, sedang pada siklus II mencapai 84,62%, yang berarti meningkat 10,26%. Demikian juga untuk respon positif siswa mengalami peningkatan sebesar 12,57% dimana pada siklus I mencapai 76,92% dan pada siklus II mencapai 89,49%. Dengan demikian, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran IPA khususnya materi benda langit di kelas 1 SD menunjukkan peningkatan aktivitas guru, siswa, hasil belajar dan respon positif siswa.

Kata Kunci: Media Audio Visual, IPA, Hasil Belajar.

 

Abstract: The purpose of this research is to solve the problems that faced by teachers in determining the appropriate medium to enable the improvement of student learning outcomes.This research is an action class research that conducted in two cycles. This research uses data technical analysis from the observation and student’s learning outcomes. The process and steps of this research starts from the stage of planning, action, observation and reflection. The results was showed that the activity of teachers in the first cycle at 69% and the second cycle reaches 81.25% it is means that there is an increase of 12.25%. Likewise, the activities of students in the first cycle reached 79.49% and the second cycle reaches 84.62%, which means that there is an increase of 5.13%. Student’s learning outcomes also increased in the first cycle in which the class average achieved 71.92 while the second cycle reaches 75, this is represented an increase of 3.08, while the classical completeness in the first cycle reached 74.36%, while the cycle II reached 84.62%, an increase of 10.26%. Similarly to the positive response of students has increased by 12.57% in the first cycle which reached 76.92% and the second cycle reaches 89.49%. Thus, the use of audio-visual medium in learning science in particularly material of celestial bodies of 1st class elementary school showed increased on activity of teachers, students, learning outcomes and student’s positive responses.

Keywords: Audio Visual Medium, Science, Learning Outcomes.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 9