PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN TAMBAK KEMERAAN KECAMATAN KRIAN

  • APRILIYA SUSANTI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini di latarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam memilih kata, mengembangkan kalimat dan menggunakan ejaan dalam mengarang masih sangat kurang. Hal itu ditunjukkan dengan ketercapaian KKM dari 28 siswa yang bisa mencapai KKM hanya 25% dalam menulis karangan berupa narasi, sedangkan yang belum mencapai KKM 75%. Salah satu penyebabnya adalah guru belum menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang semangat dalam belajar dan terlihat pasif karena pembelajaran terlihat monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diupayakan untuk memperbaiki pembelajaran menulis narasi di kelas yang membuat siswa aktif dan semangat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media gambar berseri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Adapun secara rinci tujuan tersebut meliputi: mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri, hasil belajar menulis narasi menggunakan media  gambar berseri, serta kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran menulis narasi menggunakan media gambar berseri.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi hasil aktivitas guru, tes hasil belajar dan catatan lapangan.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I dan siklus II mencapai 100%. Demikian pula dengan skor ketercapaian pada siklus I dengan rata-rata 68,84 meningkat menjadi rata-rata 88,81 pada siklus II. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 53,57% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,14%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keteranpilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian.

Kata Kunci: media gambar berseri, keterampilan menulis, narasi.

 

Abstract: This research is motivated by the ability of students to select a word, develop and use spelling words in writing is still lacking. It’s indicated by KKM achievement of 28 students who could achieve only 25% KKM  in writing a narrative essay, while not yet reached KKM 75%. One reason is the teacher not to use instructional media so that students are less visible enthusiasm in learning and passive learning seen as monotonous. this leads to low learning outcomes of students. To overcome these problems, attempts were made to improve the teaching of writing narrative in the classroom that makes students active and follow the spirit of learning by using picture series media. The purpose of this research is to improve the ability of writing narrative of the elemantary school grade fourth negeri tambak kemeraan sub district Krian. As for the details such purposes include: describing the implementation of learning to write narrative using picture series media, the results of learning write narrative using picture series media, as well as the constraints faced during the process of learning to write narratives using picture series media. This type of research is a qualitative research study design class action. Research carried out by two cycles. subjects in this study of the elemantary school grade fourth negeri tambak kemeraan sub district Krian who totaled 28 students. data collection techniques used are observation, achievement test, and field notes. The results indicate the implementation of learning in the first cycle and second cycle reaches 100%. Similarly, the achievement scores in the first cycle with an average of 68,84  increased to an average of 88.81 on the second cycle. Learning outcomes of students showed mastery learning in the first cycle of 53,57% and an increase in cycle II of 82.14%. It can be concluded that the use of picture series media can to improve the ability of writing narrative of the elemantary school grade fourth negeri tambak kemeraan sub district Krian.

Keywords: picture series media, the ability of writing, narrative.

Published
2013-06-11
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 758