PENERAPAN MEDIA GAMBAR PADA TEMA KEGIATAN SEHARI-HARI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • ARDAHANI CITRA PERWASIH JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang siswa kurang berkonsentrasi dalam proses pembelajaran. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Soko Glagah Lamongan ternyata guru hanya menggunakan metode ceramah dan guru tidak menggunakan media selama proses pembelajaran berlangsung. Solusi yang sesuai untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran tematik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas sedangkan metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif adalah data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata, sedangkan deskriptif kuantitatif adalah data berupa angka-angka. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam menggunakan media gambar pada pembelajaran tematik dengan tema kegiatan sehari-hari di kelas III SDN Soko Glagah Lamongan.  Hasil penelitian, aktivitas guru mengalami peningkatan nilai 79,62 menjadi 91,30, sementara aktivitas siswa mengalami peningkatan nilai dari 71,43 menjadi 89,29, dan untuk hasil belajar siswa meningkat dari 70% menjadi 85%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Soko Lamongan.

Kata Kunci: Pembelajaran Tematik, Media Gambar, Hasil Belajar.

 

Abstract: The research background of students is less concentrated in the learning process. The results of observations conducted by researchers at the SDN Soko Glagah Lamongan apparently using only the teacher and the teacher lecture method does not use the media during the lesson process. Appropriate solutions to fix these problem is to use the media pictures in the temathic learning medium. In this study the kind of research used a study design that is classroom action research, and the method is descriptive qualitative and quantitative. Is descriptive qualitative data collected in the from of words, while the quantitative descriptive data in the from of numbers. The purpose of this study is to describe the activities of teacher, activities os students, and student learning in the implementations of learning by using media images on the theme of thematic learning activities daily in class III SDN Soko Glagah Lamongan district Data collection techniques by using the method of observation and test. Results of the study, all teacher have increased the value of 79,62 to 91,30, while the activity of students has increased from 71,43 to 89,29 value, and to increase student learning outcomes from 70% to 85%. From these results it can be concluded that media pictures can enhance learning outcomes Elementary School third-grade students Soko Glagah Lamongan.

Keywords: Thematic Learning, Media Pictures, Results Learning.

 

Published
2013-06-11
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 14